"Belum Lewat Sehari, Jaringan Internet Korea Utara Kembali Lumpuh"

Kompas.com - 24/12/2014, 00:38 WIB
Presiden Korea Utara Kim Jong Un duduk di depan sebuah komputer di E-Library yang terletak dalam KPA Exibition of Arms and Equipment vox.comPresiden Korea Utara Kim Jong Un duduk di depan sebuah komputer di E-Library yang terletak dalam KPA Exibition of Arms and Equipment
|
EditorPalupi Annisa Auliani
WASHINGTON, KOMPAS.com - Koneksi internet Korea Utara putus lagi, Selasa (23/12/2014), berdasarkan klaim dari sebuah grup riset internet di Amerika Serikat yang melacak upaya Korea Utara untuk tetap punya koneksi online.

Dyn Research, Selasa, empat jaringan internet Korea Utara yang sepenuhnya didukung oleh perusahaan komunikasi China, Unikom, kembali terputus pada pukul 15.41 GMT atau pukul 22/41 WIB, setelah tak stabil selama beberapa jam sebelumnya.

Pada Senin (22/12/2014), jaringan internet Korea Utara putus selama sembilan jam, yang sontak memunculkan spekulasi bahwa negeri tertutup ini telah menjadi sasaran serangan balik dari para peretas asal Amerika Serikat.

Sebelumnya, Washington telah menuduh Korea Utara berada di balik peretasan Sony Pictures, terkait film "The Interview", sebuah komedi fiksi satire yang dalam alur ceritanya melibatkan sosok pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama telah berjanji akan memberikan balasan yang proporsional, menyusul tuduhan keterlibatan Korea Utara dalam peretasan Sony itu yang dilansir Biro Investigasi Federal (FBI).

Sejauh ini belum ada konfirmasi soal penyebab putusnya koneksi internet di Korea Utara. Namun, para pakar berpendapat telah terjadi crash akibat serangan yang memicu penolakan layanan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X