ADS

Block, Amankan Smartphone dari SMS Mengganggu

Kompas.com - 26/12/2014, 17:15 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Telepon dan SMS merupakan hal yang penting dalam penggunaan smartphone. Namun ada kalanya kedua hal itu datang dari pihak yang mengganggu dan membuat risih.

Misalnya, jika mendapatkan teror telepon yang tak henti-henti. Atau, jika menerima SMS yang seperti spam alias SMS sampah, sehingga hanya memenuhi kapasitas penyimpanan saja.

Beberapa smartphone telah menyediakan fitur Block untuk dapat memblokir telepon dan menyaring SMS yang masuk. Salah satu smartphone yang mempunyai fitur ini adalah Oppo R5.

Untuk mengaktifkan fitur Block yang terdapat dalam smartphone Oppo R5,   hanya perlu mengakses aplikasi Security Center. Nantinya, pengguna dapat memilih menu Block.

Dalam menu ini pengguna dapat menentukan nomor kontak yang mengganggu sehingga panggilan maupun SMS dari nomor tersebut akan otomatis terblokir.

Dalam fitur Block ini pengguna dapat melakukan penyaringan SMS berdasarkan kata kunci yang terdapat dalam isi SMS yang masuk.

Penyaringan dengan menggunakan kata kunci ini memang akan diterapkan ke semua pesan yang masuk. Apabila ingin SMS orang yang dikenal tidak terdeteksi fitur ini, dapat ditambahkan pada menu Whitelist.

Setiap telepon maupun SMS yang mencurigakan akan secara otomatis dideteksi oleh fitur Block ini dan akan langsung muncul pada menu Blocked Call maupun Blocked Message.

Fitur ini cukup membantu untuk menghentikan telepon dan SMS yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.