Intel Perkenalkan 14 Prosesor "Broadwell" Sekaligus

Kompas.com - 06/01/2015, 14:55 WIB
Ilustrasi Intel Broadwell EngadgetIlustrasi Intel Broadwell
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Intel Broadwell

KOMPAS.com - Prosesor "Broadwell U" dari Intel akhirnya mulai banyak bermunculan. Tak tanggung-tanggung, pabrikan itu mengumumkan kehadiran 14 model chip dari keluarga Broadwell alias Core-i generasi kelima dalam ajang Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang berlangsung di Las Vegas, AS minggu ini.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Engadget, Selasa (6/1/2014), sebagian besar dari ke-14 model tersebut merupakan model chip untuk laptop dan desktop hemat daya dari seri Core i3, Core i5, dan Core i7 yang dibekali dengan pengolah grafis terintegrasi Iris Graphics.

Untuk membedakannya dari generasi terdahulu, deretan nomer model prosesor Broadwell atau Core i generasi kelima diawali dengan angka "5", misalnya Core i7-5650U. Adapun huruf "U" (Ultra-low voltage) di belakang menunjukkan statusnya sebagai prosesor hemat daya.

Selain itu, Intel turut memperluas seri prosesor Pentium dan Celeron dengan memperkenalkan sejumlah model baru untuk laptop kelas budget.

Seluruh prosesor yang diumumkan oleh Intel kali ini merupakan model dual core dengan logical thread sebanyak dua atau empat buah. Model Broadwell dengan empat inti (quad-core) atau lebih masih belum terlihat.

Broadwell adalah keluarga chip dengan teknologi teranyar dari Intel yang dibuat dengan proses fabrikasi 14nm, menciut dari pendahulunya, Haswell, yang menggunakan fabrikasi 22nm.

Penggunaan daya Broadwell pun diklaim lebih hemat sehingga diklaim memperpanjang daya tahan baterai (pada laptop) 20 hingga 30 persen lebih lama dibandingkan Haswell. Meski lebih hemat daya, unit pengolah grafis Broadwell disebut menawarkan kinerja hingga 22 persen lebih tinggi dari pendahulunya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Model Broadwell pertama adalah seri chip Core M untuk perangkat laptop "hybrid" 2-in-1 yang diperkenalkan sekitar pertengahan tahun lalu.

Untuk daftar selengkapnya dari model-model chip Broadwell yang diumumkan oleh Intel, kunjungi tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.