Agan Harahap: Foto Mesra Mirip Abraham Samad 80 Persen Asli

Kompas.com - 14/01/2015, 13:01 WIB
TRIBUN NEWS / DANY PERMANA
Ketua KPK Abraham Samad (kanan) didampingi Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto menunjukkan skema penyelidikan saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait penetapan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka, di Jakarta, Selasa (13/1/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com — Foto mesra yang yang menampilkan pria mirip Ketua KPK Abraham Samad dengan perempuan mirip Puteri Indonesia 2014, Elvira Devinamira Wirayanti, tersebar di internet kemarin malam.

Menanggapi hal ini, Abraham mengatakan, foto yang beredar itu hasil rekayasa digital. "Saya pikir itu rekayasa dan selama ini banyak orang yang ketemu dengan saya selalu minta foto," kata Abraham, Rabu (14/1/2015).

Lebih lanjut, Abraham mengklaim, ada yang sengaja ingin menjatuhkannya setelah KPK menetapkan calon kepala Polri Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka. "Ini upaya untuk menyerang dan menjatuhkan saya setelah pengumuman tersangka kemarin," Abraham menjelaskan.

Walau Abraham membantah, foto yang tersebar itu dinilai asli oleh praktisi Photoshop, Agan Harahap. "Kalau itu editan, yang edit jago banget. Menurut saya, ini 80 persen asli," kata Agan saat dihubungi KompasTekno melalui telepon, Rabu siang (14/1/2015).

Agan menilai, foto tersebut diambil dari kamera ponsel atau webcam karena resolusinya rendah. Foto dengan resolusi rendah, kata dia, akan sangat sulit ditempel.

"Kalau diperbesar akan kelihatan banget pikselnya dan saya nggak melihat ada berkas tempelan sama sekali," katanya.

Namun, Agan tidak dapat memastikan apakah benar pria di foto tersebut adalah Abraham Samad. "Masalahnya, kita tidak bisa memastikan apakah benar orang di foto itu adalah Ketua KPK atau bukan," Agan menambahkan.

Nama Agan Harahap mulai ramai dibicarakan setelah foto-foto rekayasanya beredar di media sosial. Keisengannya ini berawal dari foto dirinya yang direkayasa sedang bersama selebriti dunia, seperti pentolan band Metallica.

Tokoh dan selebriti Tanah Air lainnya ialah seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mantan Presiden SBY, Sule, dan lainnya. Saat musim pilpres, Agan sempat merekayasa foto Jokowi dan Jusuf Kalla.

Rekayasa foto yang dibuat Agan kerap mengundang kontroversi. Banyak netizen maupun media terkecoh dengan hasil karya Agan. Foto-foto rekayasa Agan dapat dilihat di akun Instagram melalui tautan ini.

Ramainya pemberitaan foto mesra diduga Ketua KPK juga direspons Agan. Ia menggunggah foto yang jelas-jelas hasil rekayasa. Foto guyon itu menampilkan Abraham Samad sedang dipijat rapper Sean John Combs, yang lebih dikenal sebagai Puff Daddy, dengan latar belakang terlihat artis Snoop Dogg.

Agan Harahap
Foto rekayasa buatan Agan Harahap yang memparodikan ketua KPK Abraham Samad sedang dipijat Puff Daddy.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorWicak Hidayat

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X