Mengapa Google Berambisi Jadi Operator Seluler?

Kompas.com - 24/01/2015, 10:52 WIB
ilustrasi ilustrasi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google sudah dikenal sebagai perusahaan teknologi yang besar. Namun baru-baru ini terungkap langkah raksasa teknologi itu akan mengarah pada visi mendirikan layanan internet sendiri atau menjadi operator.

Informasi yang beredar menyebutkan Google akan menerapkan model Mobile Virtual Networks Operator (MVNO) melalui proyek Nova. MVNO merupakan sebutan untuk penyedia layanan komunikasi yang tidak memiliki infrastrukturnya sendiri.

Bila proyek ini terwujud, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (23/1/2015), mereka akan memiliki kendali lebih fleksibel terhadap jaringan nirkabel.

Fleksibilitas dalam pengendalian jaringan ini penting bagi Google. Dengan memegang kendali jaringan, berarti mereka bisa ikut campur untuk mengoptimalkan pengalaman yang dirasakan pengguna gadgetnya. Misalnya dengan cara menjual Google Nexus yang berisi kartu SIM milik Google.

Pengguna pun diprediksi akan memperoleh jangkauan yang lebih luas. Sebabnya adalah Google Nova mengumpulkan dan menggunakan infrastruktur milik beberapa operator berbeda melalui kerjasama.

Usaha menjadi operator bukanlah langkah pertama bagi Google. Masih ada sejumlah proyek lain yang mirip. Sebut saja Google Fiber, Project Loon Proyek yang disebut sebagai Google Nova, akan memanfaatkan jaringan dan infrastruktur milik T-Mobile dan Sprint. Keduanya merupakan perusahaan telekomunikasi besar di Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.