Kompas.com - 31/01/2015, 11:08 WIB
OnePlus One dalam genggaman Reska K. Nistanto/KOMPAS.comOnePlus One dalam genggaman
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - OnePlus tampaknya bakal meninggalkan sistem operasi Android buatan Cyanogen. Sebagai gantinya, perusahaan asal Tiongkok ini akan menggunakan software hasil pengembangan sendiri.

Tidak hanya satu, OnePlus mengungkapkan, sedang mengembangkan dua OS mobile sekaligus. Kedua OS tersebut mengambil nama dari unsur kimia, yakni OxygenOS dan H2OS.

Hanya saja, konsumen OnePlus di Indonesia tampaknya tidak akan mendapatkan OS H2OS. Menurut pihak OnePlus, sistem operasi tersebut hanya akan beredar di negara asalnya saja.

"OxygenOS akan menjadi ROM yang digunakan di pasar global kami, dan H2OS akan digunakan di pasar Tiongkok," tulis Bridget Hickey, Communication Manager OnePlus, dalam e-mail yang dikirimkan ke KompasTekno, Jumat (30/1/2015).

Sayangnya, pihak OnePlus masih belum memberikan detail informasi terkait OS tersebut. Mereka baru akan membuka "tabir misteri" dari keduanya pada 12 Februari 2015 mendatang.

OnePlus hanya memberikan sedikit bocoran, OS tersebut sebagai software yang terbuka, dapat disesuaikan, bebas aplikasi "sampah", dan fitur yang tidak perlu.

OxygenOS dan H2OS sendiri merupakan respon dari OnePlus atas permasalahan yang dihadapi di India. Beberapa waktu lalu, Pengadilan Tinggi Delhi baru saja melarang penjualan perangkat buatan OnePlus.

OnePlus mendapat larangan penjual akibat masalah hak eksklusif sistem operasi yang digunakannya.

Adalah sebuah brand lokal India bernama Micromax yang memasukkan tuntutannya kepada OnePlus di Pengadilan Tinggi Delhi.

Menurut Micromax, mereka sudah memiliki kerjasama eksklusif dengan Cyanogen untuk memasarkan perangkat dengan Android "polos" hasil pengembangan Cyanogen di India.

Nah, produk OnePlus One juga berjalan di sistem operasi bikinan Cyanogen. Oleh karena itu, Micromax menganggap OnePlus telah melanggar hak eksklusif yang didapatkannya langsung dari Cyanogen tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X