Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kencang Android Kitkat dan Lollipop

Kompas.com - 09/02/2015, 10:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GSM Arena
Android 5.0 Lollipop resmi diperkenalkan Google, Rabu (15/10/2014).

KOMPAS.com - Sejumlah pabrikan telah mulai menggulirkan update sistem operasi Android 5.0 Lollipop ke perangkat-perangkat kelas atas besutannya, termasuk Samsung dengan Galaxy S5, HTC One (M8), LG G3, dan Google Nexus 5.

Nah, dari sisi kinerja, apakah Lollipop menghasilkan perubahan dibandingkan OS versi terdahulu, Android 4.4 Kitkat?

Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan itu, situs GSM Arena yang dikutip Kompas Tekno, Senin (9/2/2015) menjalankan beberapa benchmark populer di keempat smartphone di atas.

Hasilnya menunjukkan sedikit perbedaan antar perangkat dan software benchmark.

Pada benchmark GeekBench, Galaxy S5, One (M8), dan Nexus 5 mencatat kenaikan performa, sementara kinerja LG G3 justru sedikit menurun.

AnTuTu yang sama-sama menilai keseluruhan sistem menampilkan hasil uji yang lebih seragam, di mana keempat smartphone memperoleh peningkatan kinerja saat menjalankan Lollipop.

GSM Arena
Hasil Benchmark GeekBench yang dilakukan GSM Arena di 4 smartphone high-end dengan Android 5.0 Lollipop dan Android 4.4 Kitkat
GSM Arena
Hasil Benchmark AnTuTu yang dilakukan GSM Arena di 4 smartphone high-end dengan Android 5.0 Lollipop dan Android 4.4 Kitkat

Perubahan kinerja ini disebabkan oleh peralihan menuju runtime baru bernama ART yang menggantikan runtime Dalvik di sistem operasi sebelumnya.

Jika Dalvik menggunakan kompilasi “just-in-time” atau saat aplikasi sedang berjalan, ART melakukan kompilasi “ahead-of-time” sehingga memberikan lebih banyak waktu untuk optimalisasi. Ini ditunjukkan oleh pesan “Optimizing apps” saat ponsel melakukan booting.

Secara umum, bisa dikatakan bahwa Lollipop membuat perangkat-perangkat high-end di atas berjalan lebih kencang dibanding sebelumnya. Hasil benchmark selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com