Ponsel 4G Polytron Pakai 35 Persen Komponen Lokal

Kompas.com - 12/02/2015, 13:41 WIB
Public Relation Polytron Shasa Eva Marisa menunjukkan smartphone Polytron Zap 5 Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comPublic Relation Polytron Shasa Eva Marisa menunjukkan smartphone Polytron Zap 5
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen elektronik lokal Polytron baru saja mengumumkan kehadiran smartphone Zap 5 buatannya. Smartphone lokal yang sudah mendukung koneksi 4G tersebut dikatakan memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 35 persen.

Menurut General Manager Polytron, Usun Pringgodigdo dari total 100 persen TKDN poin-poinnya terbagi menjadi 80 persen dari sisi komponen, investasi dan produksi. Dua puluh persen berikutnya poin yang melihat sisi pengembangan.

Saat ditemui dalam peluncuran Polytron Zap 5 4G LTE, Rabu (11/2/2015), dia menerangkan, "Kami menggunakan pengembangan dan investasi tenaga kerja, dan investasi alat maupun komponen-komponen yang dibuat di dalam negeri."

"Itu bisa sampai 35 persen. Hal itu sudah dihitung oleh badan yang ditunjuk Departemen Perindustrian, dalam hal ini Surveyor Indonesia. Kami tinggal menunggu sertifikatnya keluar," tegas Usun.

Saat ini, regulasi pemerintah untuk perangkat telekomunikasi 4G LTE adalah memiliki TKDN 30 persen. Regulasi tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informasi No 7 Tahun 2009 dan diterapkan pada semua perangkat telekomunikasi 4G LTE yang menggunakan frekuensi 2,3 Ghz dan 3,3 Ghz. Tujuannya adalah mendorong Indonesia agar jadi lebih produktif.

Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia, Rudiantara saat ini berencana untuk meningkatkan nilai TKDN tersebut. Melalui koordinasi dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan, pada 2017 mendatang para produsen harus mencapai TKDN 40 persen. Bila tidak mencapainya, maka produsen tersebut terancam tidak bisa memasarkan produk di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X