Kompas.com - 16/02/2015, 11:36 WIB
Mobil misterius Apple yang dilengkapi dengan sistem kamera Light Detection and Ranging di bagian atapnya. The VergeMobil misterius Apple yang dilengkapi dengan sistem kamera Light Detection and Ranging di bagian atapnya.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Apple dikabarkan mulai menggarap proyek baru yang terkait dengan dunia mobil. Proyek yang diberi nama sandi "Titan" itu disebut oleh berbagai media sebagai proyek mobil listrik pintar yang bisa berjalan tanpa sopir.

Apple sepertinya sangat serius dengan proyek mobil otonomos ini. Buktinya, Apple disebut mempekerjakan "ratusan orang" untuk membangun mobil listrik pertamanya itu di markasnya di Cupertino, California, AS.

Menurut sumber dalam yang dekat dengan permasalahan tersebut kepada The Wall Street Journal, Jumat (13/2/2015) dan dikutip KompasTekno, beberapa orang yang dipekerjakan Apple adalah mantan insinyur Ford, Steve Zadesky, yang kini menjabat sebagai Vice President Apple Product Design.

Selain itu, terdapat pula mantan desainer Ford, Marc Newson, yang dilibatkan dalam Project Titan. Newson sebelumnya menjadi perancang mobil-mobil konsep milik produsen mobil nomor satu di AS tersebut.

The Wall Street Journal juga melaporkan bahwa Apple telah melakukan pertemuan dengan beberapa pabrikan yang selama ini menjadi pemasok komponen mobil-mobil kelas atas.

Bukan sekadar software?

Sebelumnya diberitakan bahwa Apple lebih cenderung untuk mengembangkan software yang digunakan dalam mobil listriknya itu, bukan mengembangkan mobilnya.

Software atau teknologi yang digunakan di dalam mobil listrik pintar Apple itu nantinya bisa dijual Apple ke produsen mobil listrik lain, atau diimplementasikan ke dalam produk-produk Apple sendiri, termasuk iPhone dan iPad.

Sering kali Apple mengembangkan teknologi dan produk-produk potensial serta beberapa prototipe produk tertentu, tetapi pada akhirnya banyak juga yang tidak diproduksi massal dan dijual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lagi pula, untuk memproduksi mobil baru, Apple tentunya membutuhkan waktu bertahun-tahun, dan mobil tersebut harus lolos beberapa uji sertifikasi yang berlaku sesuai dengan peraturan di AS.

Namun, jika melihat banyaknya orang yang dilibatkan oleh Apple, sumber dalam Apple itu mengatakan bahwa raksasa gadget tersebut tampaknya serius dalam menggarap mobil listrik pintar.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.