Xiaomi, Produsen Smartphone Terbesar di Tiongkok

Kompas.com - 18/02/2015, 12:03 WIB
Mi Home, toko aksesoris dan experience center untuk mencoba berbagai gadget dan perangkat elektronik buatan Xiaomi di Beijing. Reska K. Nistanto/KOMPAS.comMi Home, toko aksesoris dan experience center untuk mencoba berbagai gadget dan perangkat elektronik buatan Xiaomi di Beijing.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya menjadi produsen smartphone terbesar di Tiongkok. Mereka mencapainya setelah memenangkan pertarungan dengan Samsung.

Hal tersebut diketahui dari laporan riset terbaru International Data Corporation (IDC) yang mencatat pengapalan smartphone ke Tiongkok.

Dalam perbandingan year on year, Xiaomi memperoleh pangsa pasar 12,5 persen pada 2014 dibandingkan dengan 5,3 persen yang diraih pada 2013.

Sementara di sisi lain, seperti dikutip KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (18/2/2015), pangsa pasar Samsung di Tiongkok justru menurun. Produsen elektronik Korea Selatan itu hanya meraih pangsa pasar 12,1 persen pada 2014, padahal mereka sempat menanjak sampai 18,7 persen pada 2013.

Kesuksesan Xiaomi, menurut IDC, disebabkan oleh paduan harga murah dengan intensitas promosi yang diciptakannya dalam penjualan online.

International Data Corporation
Riset pengapalan smartphone ke Tiongkok pada Q4 2014 serta pertumbuhannya dari tahun ketahun
Vice President Xiaomi Hugo Barra mengatakan kepada Techcrunch bahwa mereka bisa menjual smartphone dengan harga murah karena margin produknya cenderung lebih kecil, sedangkan masa penjualan sebuah produk dibuat lebih lama.

"Kami memiliki lini produk yang dijual dalam rentang waktu yang lebih lama dengan harga yang stabil, seperti Redmi 1S dan Redmi Note di segmen entry-level. Seiring dengan waktu, harga komponen tiap-tiap produk tersebut akan turun, sementara harga jualnya tetap sama, di situlah margin akan muncul," kata Hugo kepada KompasTekno saat berkunjung ke Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan berjualan melalui situs web e-commerce, kami tidak perlu memiliki distributor dan reseller, kami menjualnya langsung, karena itulah harganya bisa sangat murah," imbuh Hugo.



Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X