Novel "Fifty Shades of Grey" Dimulai dari BlackBerry

Kompas.com - 24/02/2015, 17:29 WIB
Novel Fifty Shade Of Grey boleh saja terjual lebih dari 100 juta kopi diseluruh dunia, namun nyatanya, di negara Inggris banyak pasangan yang tak akan mengubah kebiasaan dalam bercinta. OPI.COMNovel Fifty Shade Of Grey boleh saja terjual lebih dari 100 juta kopi diseluruh dunia, namun nyatanya, di negara Inggris banyak pasangan yang tak akan mengubah kebiasaan dalam bercinta.
|
EditorDeliusno
KOMPAS.com - Banyak yang sudah mengetahui bahwa film Fifty Shades of Grey, yang saat ini sedang diputar di bioskop-bioskop di berbagai negara, diangkat berdasar novel karya penulis E. L. James.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa pada mulanya, James menulis novel karyanya tersebut dengan menggunakan smartphone BlackBerry.

Dikutip KompasTekno dari Business Insider, Selasa (24/2/2015), novel yang mengisahkan hubungan percintaan antara miliuner Christian Grey dan Anastasia Steele, wanita yang baru lulus dari perguruan tinggi, pada mulanya berupa catatan-catatan pendek di perangkat BlackBerry sang penulis.

James menuturkan pengakuannya tersebut kepada ABC News pada tahun 2012 lalu.

"Dulu saya banyak sekali membuat catatan (novel) dalam perangkat BlackBerry saya saat dalam perjalanan ke kantor," ujar James.

"Ketika sampai di rumah, saya baru memindahkannya ke (komputer) Mac, lalu mulai melanjutkan menulis," imbuhnya.

Akan tetapi, James tidak mendeskripsikan secara detil model BlackBerry apa yang dipakainya untuk mengetik catatan-catatan yang akhirnya menjadi novel Fifity Shades of Grey tersebut.

Novel Fifty Shades of Grey sendiri diluncurkan pada tahun 2011. Novel tersebut kini telah terjual lebih dari 100 juta copy dan telah diterjemahkan ke dalam 52 bahasa.

Sementara, film layar lebarnya yang dilarang beredar di Indonesia, telah membukukan pendapatan sebesar 266 juta dollar AS dari seluruh dunia.

Pada tahun 2013 lalu, James dinobatkan oleh Forbes sebagai penulis dengan pendapatan tertinggi dengan penghasilan sekitar 95 juta dollar AS selama periode Juni 2012 hingga Juni 2013.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X