Jelang 9 Maret, Ini Ramalan untuk Apple Watch

Kompas.com - 04/03/2015, 10:49 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Pekan depan Apple Watch bakal dirilis secara resmi. Beragam pendapat berbondong mengiringi kemunculan smartwatch tersebut. Ada yang optimis ada pula yang pesimis.

Selama ini rekam jejak penjualan smartwatch tak pernah mendulang sukses, tak seperti smartphone atau tablet. Disinyalir, ini karena sebagian besar masyarakat belum begitu menerima konsep pemakaian wearable device, terutama dalam hal ini perangkat yang terpatri di pergelangan tangan. Apalagi, layar smartwatch terbilang kecil.

Tapi, kita sedang berbicara soal Apple. Ini adalah perusahaan yang kerap menentang tren dan berhasil. Ya, membuat produk yang dibanjiri skeptisme bukan kali pertama untuk Apple.

Sebelumnya, masyarakat juga tak tertarik dengan tablet. Kemudian saat Apple menelurkan iPad, masyarakat jadi berbondong-bondong menggunakan Apple.

Begitupun yang terjadi pada iPhone. Masyarakat tak pernah benar-benar menjadikan smartphone sebagai pelengkap hidup sebelum kemunculan iPhone.

Akankah Apple mengulangi keberhasilannya?

Untuk menangkis kemungkinan gagal, Apple telah menggodok Apple Watch dengan penuh ketelitian. Perangkat itu dirancang oleh "all star-team" atau tim berisi pekerja-pekerja cemerlang Apple.

Eksekutifnya meliputi Jony Ive sebagai kepala desain, Jeff Williams sebagai kepala operasi, serta Kevin Lynch sebagai kepala pengembangan piranti lunak. Sebelumnya, Lynch adalah eksekutif Adobe.

Tak ingin sama dengan smartwatch lainnya yang diklaim "tak berhasil", Apple Watch menawarkan perbedaan. Arloji ini hadir untuk masyarakat urban yang punya selera fesyen. Tak heran, Apple rela merogoh kocek miliaran rupiah untuk beriklan di majalah fesyen kelas atas semacam Vogue.

Menurut Ben Bajarin, analis konsumer teknologi untuk Creative Strategies, ramalan tentang nasib Apple Watch belum dapat diprediksi. "Smartwatch adalah kategori produk yang terhitung baru. Kebanyakan orang belum punya referensi atas smartwatch," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.