MacBook 12 Inci Baru Apple Dihargai Rp 16 Juta

Kompas.com - 10/03/2015, 09:32 WIB
Apple perkenalkan MacBook super tipis pada peluncuran Apple Watch TechcrunchApple perkenalkan MacBook super tipis pada peluncuran Apple Watch
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Pada perilisan Apple Watch, Selasa (10/3/2015) dinihari waktu Indonesia, Apple juga merilis Macbook super tipis yang agaknya didesain khusus untuk mengawali produk notebook tipis lainnya di masa depan.

Munculnya produk yang hanya diberi nama "MacBook" ini, sukses mengejutkan banyak orang. Pasalnya, tak terdengar desas-desus bahwa Apple bakal menelurkan produk ini bertepatan dengan Watch. Walaupun, bocoran bahwa Apple tengah menggodok notebook terbaru sudah beredar sejak awal tahun ini.

Dilansir KompasTekno dari Techcrunch, ketebalan MacBook termutakhir ini hanya 13,1 mm atau 24 persen lebih tipis dibandingkan MacBook Air 11 inci. Bentang layarnya 12 inci dengan resolusi retina 2304x1440.

Prosesornya Core M, yakni salah satu chip intel yang digunakan juga pada beberapa tablet dan laptop hybrid Windows OEMs. Untuk ketahanan baterai, notebook ini tahan 10 jam untuk memutar video HD.

Dengan tubuh yang super tipis, notebook ini hanya punya satu port sambungan untuk transfer data. Satu-satunya saluran itu juga digunakan untuk pengisian baterai. Bentuk saluran ini benar-benar baru dari yang ada sebelumnya, yakni USB-C.

Hanya adanya satu port itu bisa jadi menunjukkan keinginan Apple untuk mendorong pengguna ke penyimpanan berbasis awan. Untuk hal ini pengguna dapat menggunakan fitur iCloud dan AirDrop yang tersedia untuk transfer data.

Seperti MacBook seri lainnya, notebook ini juga dilengkapi sambungan untuk headset berukuran 3,5 mm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tipis, Tanpa Embel-embal Air

Bagi pengguna yang kehidupan sehari-harinya sangat mobile, barangkali MacBook terbaru ini bisa dipertimbangkan. Selain tipis dan hemat tempat di tas, laptop ini juga ringan.

Menariknya, Apple seakan menanggalkan kata Air yang tadinya digunakan untuk menyebut perangkat tipisnya seperti MacBook Air. Mungkinkah Apple hendak mengatakan bahwa ke depannya, desain semua perangkatnya bakal tipis?

Halaman:


Sumber TechCrunch
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.