Harddisk WD Berfitur WiFi Masuk Indonesia, Harganya?

Kompas.com - 13/03/2015, 11:33 WIB
Lini produk Western Digital dalam peluncuran My Passport Wireless Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comLini produk Western Digital dalam peluncuran My Passport Wireless
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Western Digital mengumumkan ketersediaan produk penyimpanan terbarunya di Indonesia. Kali ini, perusahaan asal Amerika Serikat itu meluncurkan hard disk portabel My Passport Wireless yang memiliki fitur built-in WiFi.

Fitur WiFi tersebut berguna untuk mengirim dan menerima data dari tablet atau smartphone milik pengguna. Selain WiFi, My Passport Wireless juga dibekali fitur penambahan kapasitas melalui kartu memori SD.

Pengguna bisa memasukkan memori SD ukuran berapapun pada slot tersebut. Bila ingin memindahkan isi memori ke hard disk, pengguna pun bisa mengaturnya agar pindah secara otomatis setiap kali memori terpasang atau memindahkannya secara manual.

"My Passport Wireless bisa terhubung ke delapan perangkat, baterainya pun tahan lama hingga 20 jam," klaim Senior Regional Manager APAC Western Digital Simon Whitford dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis (12/3/2015).

Selain kedua hal tersebut, kelebihan lain yang disematkan di dalamnya mencakup USB 3.0. Port koneksi data ini sudah akrab digunakan di media-media penyimpanan serta laptop dan menjanjikan kecepatan tinggi untuk perpindahan data.

Kapasitas yang disediakan pun beragam. My Passport Wireless punya pilihan kapasitas 500 GB seharga 130 dollar AS (sekitar Rp 1,7 juta), 1 TB seharga 179 dollar AS (sekitar Rp 2,3 juta), dan 2 TB seharga 217 dollar AS (sekitar Rp 2,8 juta).

Selain My Passport Wireless yang ditujukan untuk pengguna umum, Western Digital juga merilis produk penyimpanan lain di saat bersamaan. Produk tersebut adalah My Passport Pro yang menggunakan konektivitas Thunderbolt untuk Mac.

My Passport Pro yang diklaim berkecepatan hingga 233 MB per detik itu tersedia dalam ukuran 2 TB seharga 299,99 dollar AS dan 4 TB seharga 429 dollar AS.

Kemudian ada juga seri My Cloud Expert yang rencananya mulai tersedia di Indonesia pada April 2015 mendatang.

Gudang data fotografer

Whitford mengklaim bahwa solusi penyimpanan yang memiliki WiFi dan kartu SD merupakan model penyimpanan yang cocok digunakan untuk kalangan fotografer atau videografer. Melalui pandangan itu, Western Digital pun menarget produknya jadi pelengkap kehidupan pelaku foto dan video.

Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com
Salah satu produk Western Digital dari seri My Cloud Expert yang akan mulai dijual pada April 2015
"Kuncinya produk ini adalah fotografer dan videografer. Salah satu unggulannya adalah produk ini memiliki hotspot yang dapat digunakan memindahkan data secara wireless, bisa transfer dari SD Card ke hard disk," ujar Whitford.
 
Dalam kesempatan yang sama Territory Sales Manager Indonesia Western Digital Thjin Merry mengatakan alasan serupa. "Fotografi jadi target kita karena termasuk salah satu dari tiga hobi terbesar orang," tegasnya.

"Rata-rata orang hobi yang paling besar dan universal hanya tiga, musik, foto dan video. Tiga hobi itu akan jadi pemicu konsumsi data terbesar," imbuhnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X