Xiaomi Siapkan Smartwatch yang Lebih Pintar

Kompas.com - 16/03/2015, 12:21 WIB
Gelang pintar Xiaomi Mi Band Reska K. Nistanto/KOMPAS.comGelang pintar Xiaomi Mi Band
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Vendor smartphone Tiongkok, Xiaomi juga akan terjun ke pasar smartwatch. Perangkat tersebut saat ini baru diberi nama sederhana, Xiaomi Smart Watch.

Untuk mewujudkannya, Xiaomi disebut bekerjasama dengan perusahaan rintisan yang selama ini telah mengembangkan perangkat gelang pintar Mi Band, yaitu Huami.

Perangkat jam tangan pintar itu akan menjadi kepanjangan dari gelang pintar yang saat ini telah dijual Xiaomi. Jam tangan pintar itu akan menggunakan desain dengan materi berbaham logam dan diprediksi memiliki unit jam berbentuk bundar.

"Industri smartwatch sudah populer, dan kini bentuk bundar klasik menjadi yang paling populer," demikian ujar Huang Wang, CEO Hunami seperti dikutip KompasTekno dari Gizmo China, Sabtu (14/3/2015).

Smartwatch Xiaomi akan lebih "pintar" dari jam cerdas kebanyakan karena ia akan dibekali teknologi pencatatan kesehatan dengan akurasi tinggi. Pencatatan yang presisi ini masih sulit diwujudkan oleh smartwatch yang beredar saat ini.

Untuk mendapatkan pencatatan data kesehatan pengguna yang memiliki akurasi tinggi, jam tangan pintar harus dipasang secara solid dan posisinya harus tepat.

Apple yang selama ini telah melakukan banyak kemajuan dalam teknologi pencatatan kesehatan di Apple Watch saja harus menanggalkan beberapa fungsi yang terkait dengan kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Huang, teknisi di Huami mengatasi masalah umum di smartwatch tersebut. Caranya, dengan menggunakan teknologi gelombang sinyal untuk sensor-sensor kesehatan yang dipakai smartwatch Xiaomi.

Namun teknologi tersebut saat ini masih menghadapi dua permasalahan, yaitu polusi cahaya dan konsumsi daya yang tinggi.

Sekali lagi, Huang yakin dengan berbekal pengalamannya selama ini membuat berbagai peranti konsumer elektronik, seperti MP4, GPS, dan PDA, perusahaannya mampu membuat produk yang bagus dan terjangkau, dengan desain yang keren pula.

Dari sisi software, Huami akan memberikan software terbaik yang bisa dibuat oleh para insinyurnya untuk smartwatch Xiaomi. "User experience (smartwatch Xiaomi) akan menjadi yang terbaik," ujar Lin Bin, CEO Xiaomi beberapa waktu lalu.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.