Dijual Rp 130 Juta, Berapa Sebenarnya Harga Apple Watch?

Kompas.com - 17/03/2015, 10:24 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Apple Watch Edition dengan sports band warna putih dijual 10.000 dollar AS

KOMPAS.com - Dengan kisaran harga mulai 10.000 dollar AS hingga 17.000 dollar AS atau sekitar Rp 130 juta hingga 225 juta, Apple Watch Edition yang terbuat dari emas jelas bukan barang murah.

Dengan harga yang terbilang "wah" tersebut, berapa untung yang bakal dikeruk Apple dari jam pintar itu?

Laporan Business Insider yang dirangkum oleh Kompas Tekno, Senin (16/3/2015) menyebutkan bahwa Apple kemungkinan mencoba meraih profit tinggi dengan mematok harga yang berada jauh di atas ongkos produksi Apple Watch Edition.

Tiga bagian

Gambaran besarnya profit Apple dari Apple Watch Edition bisa diperoleh dengan menelaah harga dasar dari tiga bagian utama perangkat tersebut.

Pertama adalah material cangkang berupa emas 18 karat seberat 55 gram yang nilainya setara dengan 1.550 dollar AS atau sekitar Rp 21 juta.

Bagian kedua adalah jam pintar Apple Watch itu sendiri. Apple juga menjual Watch varian "Sport" dengan sabuk warna putih seharga 549 dollar AS atau sekitar Rp 7,3 juta, sementara Apple Watch Edition termurah (dengan banderol 10.000 dollar AS) juga dijual dengan sabuk "sport" berwarna putih.

Karena itu bisa dikatakan bahwa bagian jam pintar di Apple Watch Edition pun harganya sebanding dengan Apple Watch varian Sport di atas.

Lalu ada biaya pembuatan yang agak sulit ditelusuri. Namun, banderol Apple Watch varian Sport sebesar 549 dollar AS kemungkinan besar telah ikut memasukkan komponen ini sehingga seharusnya tak berpengaruh signifikan terhadap ongkos produksi keseluruhan.

Nah, jika harga tiga bagian itu digabungkan, lalu ditambah, katakanlah, 100 dollar AS untuk biaya produksi lain-lain, didapat angka 2.200 dollar AS, dengan asumsi ongkos pengkapalan dan pemasaran termasuk dalam harga dasar jam pintar Apple.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.