Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Sediakan Pembuang "Sampah" di Galaxy S6?

Kompas.com - 25/03/2015, 13:18 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge dikatakan akan hadir dengan sebuah fitur yang sudah banyak ditunggu. Fitur ini dikabarkan mengizinkan pengguna untuk menghapus aplikasi bawaan (bloatware). Bloatware sering disebut sebagai aplikasi "sampah" karena dianggap banyak tidak berguna dan membebani sistem.

Hingga saat ini, Samsung belum memberikan konfirmasinya mengenai fitur tersebut. Akan tetapi, seorang pengguna forum XDA, mengunggah beberapa gambar yang memperlihatkan kemampuan penghapusan aplikasi "sampah" tersebut.

Seperti KompasTekno kutip dari The Inquirer, Rabu (24/3/2015), posting tersebut diunggah oleh seorang anggota dengan nama samaran Jeshter2000, yang dikatakan sudah memegang dan mencoba perangkat itu.

XDA
Bloatware di Galaxy S6 disinyalir bisa dihapus
Dari screenshot yang diunggah, terlihat bahwa Jeshter2000 bisa menghapus dua aplikasi bloatware buatan Samsung yang terpasang di Galaxy S6, seperti S Health dan S Voice.

Aplikasi bloatware buatan di luar Samsung, seperti Google dan Microsoft, pun tampak terlihat bisa dihapus.

Apakah kemampuan penghapusan bloatware tersebut hanya bisa dilakukan di Galaxy S6 saja? Tampaknya, kemampuan tersebut bakal diperluas ke perangkat Samsung lain. Syaratnya, perangkat lainnya itu sudah menggunakan sistem operasi dan tampilan antarmuka TouchWiz versi terbaru.

Sekadar informasi, bloatware adalah aplikasi pre-installed yang datang sudah dalam keadaan terpasang di gadget. Selain seringkali tidak berguna untuk pemilik gadget bersangkutan, bloatware juga menyita ruang memori internal.

Aplikasi pre-loaded selama ini memang disimpan di partisi sistem, yang tak bisa diakses (dihapus) kecuali dengan melakukan rooting di gadget yang bersangkutan. Masalahnya, aksi rooting ini dalam kebanyakan kasus akan menghanguskan garansi.

Selama ini, hingga seri Galaxy S dari Samsung, memang hadir dengan berbagai aplikasi bloatware. Beberapa aplikasi memang terpakai, tetapi tak sedikit pula ada aplikasi yang memang tidak terpakai sama sekali. Parahnya, aplikasi tersebut sama sekali tidak bisa dihapus pengguna.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.