AMD Pastikan Fiji Meluncur 16 Juni

Kompas.com - 04/06/2015, 11:12 WIB
President and CEO of AMD Lisa Su Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comPresident and CEO of AMD Lisa Su
|
EditorReza Wahyudi

TAIPEI, KOMPAS.com – Dari atas panggung AMD Tech Day, Computex 2015, President and Chief Executive Officer AMD Lisa Su memamerkan graphics processing unit (GPU) berkode nama Fiji. GPU ini disebut akan meluncur pada 16 Juni mendatang.

“Jangan lupa untuk datang. Kami punya prosesor grafis baru,” ujarnya memberikan kisi-kisi singkat, Rabu (3/6/2015).

Prosesor grafis ini dinanti-nantikan para penggemar AMD serta sempat diprediksi akan meluncur dalam ajang Computex 2015 ini. Namun saat hari yang diharapkan itu tiba, mereka hanya mengumumkan kisi-kisi berupa tanggal peluncurannya saja.

AMD Fiji merupakan GPU terbaru mereka yang mengadopsi teknologi High Bandwidth Memory (HBM). Teknologi ini meningkatkan kinerja prosesor grafis dan membuat konsumsi daya lebih efisien.

HBM menjanjikan kinerja 3,5 kali lebih cepat dibanding bandwidth per watt pada chip memori yang menggunakan GDDR5. Bila umumnya chip memori diletakkan bersisian, HBM justru menumpuk dan menghubungkannya dengan kabel berkecepatan tinggi.

Teknologi memori tersebut juga dikatakan bisa menyusutkan ukuran GPU atau menambahkan memori di area yang sama. Efeknya, circuit board yang mengadopsi prosesor ini akan memiliki ruangan kosong yang lebih luas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.