URBAN

Lakon Orang Indonesia dan Ponsel Cerdasnya...

Kompas.com - 04/06/2015, 16:22 WIB
Unduh aplikasi di akhir pekan menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan orang Indonesia sejak kehadiran smartphone. ShutterstockUnduh aplikasi di akhir pekan menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan orang Indonesia sejak kehadiran smartphone.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Berhimpitan dan berdesakan. Tak ada bangku kosong, apalagi tempat untuk bersandar dengan nyaman.

Seperti itulah rutinitas yang harus Bayu hadapi tiap pagi, setiap hari hari kerja. Kondisi kereta memang selalu penuh penumpang. Ia terpaksa berdiri selama 30 menit, sejak berangkat dari Stasiun Serpong, Tangerang, hingga tiba di kantornya di kawasan Jakarta Barat.

Namun, Bayu tak pernah risau. Sambil menggenggam smartphone dan menyematkan headset di telinganya, ia menjelajahi dunia maya. Pikirannya keluar jauh dari himpitan orang di sekelilingnya.

Selama perjalanan, raut wajah Bayu selalu berubah-ubah. Kadang tampak serius, sesekali ia melempar senyum sendiri. Ternyata, dia sedang larut dalam permainan favoritnya, “Clash of Clans”.

Unduh aplikasi

Aktivitas Bayu setiap pagi merupakan bagian dari gambaran kehidupan masyarakat modern sehari-hari saat ini. Tak di pusat belanja, bandara atau stasiun kereta, dunia kini semakin berwarna setelah penemuan ponsel pintar yang kian canggih.

Di Indonesia sendiri, kisah Bayu juga dialami hampir 100 juta pengguna smartphone lain. Sekitar 67,34 persen dari jumlah tersebut berdomisili di kota-kota besar di pulau Jawa, misalnya Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Dengan jumlah fantastis itu, tidak mengejutkan, bahwa Indonesia mampu bertengger di posisi ke-6 sebagai negara dengan tingkat pengguna internet tertinggi di dunia versi lembaga riset eMarketer. Berada hanya satu peringkat saja di bawah Jepang. 

Riset lain juga datang dari MoboMarket, salah satu toko aplikasi alternatif khusus Android. Hasil penelitian MoboMarket memaparkan, penggunanya lebih sering mengunduh aplikasi pada waktu-waktu luang dan akhir pekan. Sepanjang kuartal 1 2015, pengunduh aplikasi di hari Sabtu berjumlah 16,41 persen, sedangkan Minggu berjumlah 15,01 persen.

Disimpulkan dari riset tersebut, bahwa kebiasaan berselancar di dunia internet melalui ponsel menjadi salah satu sebabnya. Jika dulu orang rela menghabiskan waktu dan biaya di warung internet (warnet), kini dengan ponsel pintar semua lebih ekonomis dan efisien.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X