Kompas.com - 10/06/2015, 10:38 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sehari setelah meluncurkan layanan streaming Music, Apple mulai membagikan informasi mendetail ihwal aplikasi tersebut. Salah satunya, pengguna nantinya bisa mengunduh playlist musik yang ada dan bisa mendengarkannya secara offline di perangkat masing-masing.

Informasi itu disampaikan langsung kepada media Re/code dan juga daftar keuntungan menjadi anggota Apple Music di situs resminya.

"Sebagai anggota Apple Music, Anda dapat menambahkan apapun dari perpustakaan layanan ini--sebuah lagu, album, atau video--ke koleksi. Dari situ, Anda bisa membuat playlist. Anda juga bisa menyimpannya untuk didengarkan secara offline," kata juru bicara Apple, seperti KompasTekno rangkum dari 9to5mac, Rabu (10/6/2015).

Apple sayangnya masih belum memberikan begitu banyak informasi detail mengenai musik offline ini. Namun, layanan tersebut tampaknya akan mirip dengan Spotify Premium.

Melalui layanan Premium, Spotify mengizinkan penggunanya untuk mengunduh musik selama dalam jaringan WiFi. Unduhan tersebut diperbolehkan selama pengguna masih ada dalam masa berlangganan.

Setelah diunduh, musik tersebut bisa didengarkan secara offline di perangkat masing-masing hingga 30 hari. Setelah masa itu berakhir, pengguna harus online kembali agar sistem bisa mengecek apakah pengguna masih dalam masa subscription atau tidak.

Mendengar musik secara offline dianggap sangat berguna oleh sebagian pengguna. Pasalnya, jaringan seluler yang ada terkadang masih belum stabil untuk mendengarkan musik secara streaming.

Apple Music sendiri diumumkan secara resmi pada ajang WorldWide Developer Conference 2015. Ia hadir untuk menjadi penantang langsung aplikasi streaming musik yang sudah hadir terlebih dahulu, seperti Spotify, Rdio, dan MixRadio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.