Pabrik Ponsel Samsung Resmi Beroperasi di Cikarang

Kompas.com - 16/06/2015, 10:33 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Saleh Husin meresmikan pabrik baru ponsel Samsung di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini memproduksi ponsel jenis smartphone, feature phone,dan perangkat tablet.

"Dengan adanya PT Samsung Electronics Indonesia mengembangkan industri telepon seluler di Indonesia, telah menunjukkan kepada kita semua bahwa Indonesia merupakan pilihan menarik dan tepat untuk berinvestasi," ujar Saleh saat memberikan sambutan pada peresmian pabrik baru ponsel Samsung di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (16/5/2015).

Saleh mengatakan investasi pabrik baru ponsel tersebut senilai 20 juta - 23 juta dollar AS. Adapun pabrik ini memiliki 14 line produsi dengan total kapasitas produksi sekitar 1 juta unit - 1,5 juta unit per bulan. 

Ia menjelaskan untuk tahap awal perakitan masih dalam bentuk Semi Knock Down (SKD). Kemudian diharapkan akan berlanjut dalam bentuk Completely Knock Down (CKD) dan juga bentuk Surface Mount Technology (SMT).

Saleh mengatakan industri elektronika yang termasuk di dalamnya adalah telepon seluler, masuk kedalam salah satu industri prioritas yaitu kelompok industri dengan pertumbuhan tinggi.

"Oleh karena itu industri telepon seluler termasuk industri yang terus didorong perkembangannya dengan memberikan berbagai kemudahan dan insentif yang berupa pengurangan pajak maupun bea masuk yang ditanggung pemerintah," ujar Saleh. (Benediktus Krisna Yogatama/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kontan


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.