Kompas.com - 12/07/2015, 09:19 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah dua tahun mengalami penurunan terus-menerus, pasaran komputer alias PC diprediksi bakal tumbuh tahun ini seiring dengan kemunculan Windows 10.

Masih terlalu awal untuk mengatakan apakah sistem operasi terbaru dari Microsoft itu bakal membantu mendongkrak penjualan PC atau tidak.

Yang jelas, menjelang kemunculan Windows 10 pada akhir bulan ini, dua lembaga riset pasar IDC dan Gartner sama-sama sepakat bahwa pasar PC kembali mengalami penurunan sebesar 10 persen dibanding tahun lalu.

"Pengkapalan PC yang melambat sudah diantisipasi sebelumnya karena angka pengkapalan tahun lalu lebih besar karena akhir masa dukungan Windows XP, dan para channel mengurangi inventaris sebelum datangnya Windows 10," tulis IDC sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari The Verge, Jumat (10/7/2014).

Meski turun, pasar PC diperkirakan akan kembali stabil dalam waktu dekat. "Pasaran PC akan kembali tumbuh perlahan pada 2016," catat Gartner dalam laporannya.

Sementara itu, IDC mengingatkan bahwa banyak pengguna mungkin akan memilih untuk melakukan upgrade gratis ke Windows 10 ketimbang membeli PC baru dengan sistem operasi tersebut.

Soal pasar PC, baik IDC maupun Gartner sama-sama sepakat bahwa posisi market share terbesar masih dipegang oleh Lenovo, disusul oleh HP di urutan kedua dan Dell di urutan ketiga.

Bedanya ada di urutan keempat, di mana IDC menaruh nama Apple, sedangkan Gartner menyebut Asus lebih layak berada di posisi itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.