Kompas.com - 13/07/2015, 13:13 WIB
Midel drine yang diujicoba untuk pengiriman barang oleh Swiss Post GizmodoMidel drine yang diujicoba untuk pengiriman barang oleh Swiss Post
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Rupanya bukan cuma retailer online Amazon yang berminat memanfaatkan "jasa" drone sebagai kurir pengantar barang. Swiss pun telah bereksperimen dengan melakukan hal serupa untuk keperluan pengiriman pos.
 
Dirangkum Kompas Tekno dari The Guardian, Minggu (12/7/2015), dinas pos Swiss pada minggu lalu menunjukkan drone yang sedang diuji coba hingga akhir Juli mendatang. Alat tersebut merupakan quadcopter dengan empat baling-baling. Di tengahnya ada kotak berwarna kuning bertuliskan logo dinas Swiss Post.
 
"Drone ini sangat ringan dan bisa mengantarkan barang sebesar satu kilogram hingga sepuluh kilometer dengan sekali pengisian baterai," sebut Swiss Post dalam sebuah pernyataan.
 
Drone tersebut sepenuhnya terbang secara otomatis, mengikuti jalur penerbangan yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh software navigasi berbasis close yang dikembangkan oleh Matternet, perusahaan AS yang juga berperan sebagai pembuat drone milik Swiss Post.
 
Dinas pos Swiss kini sedang menguji coba aneka kemungkinan skenario penggunaan, termasuk pengiriman paket kilat dan bantuan darurat untuk daerah yang terkena bencana. Drone memang bisa sangat berguna untuk negeri yang dikenal dengan daerah pegunungannya serta memiliki banyak desa terpencil itu.
 
Namun, drone masih belum akan berseliweran di Pegunungan Alpen dalam waktu dekat. "Sebelum drone secara realistis bisa digunakan dalam waktu sekitar lima tahun ke depan, masih banyak persyaratan yang harus diklarifikasi," kata Swiss WorldCargo, perusahaan yang bekerja sama dengan Swiss Post dalam proyek drone ini.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.