Kompas.com - 14/07/2015, 15:18 WIB
Mozilla memblokir plug-in Flash dalam browser-nya, Firefox. MozillaMozilla memblokir plug-in Flash dalam browser-nya, Firefox.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Setelah Facebook meminta agar Adobe menghentikan layanan Flash-nya saat ini, Mozilla pun mengikutinya dengan memblokir plug-in Flash di browser-nya, Firefox.

Tim Firefox di Mozilla melalui akun Twitter-nya pada Rabu (14/7/2015) mengonfirmasi bahwa semua versi Flash Player telah diblokir dari browser-nya, seiring dengan pembaruan aplikasi yang diberikan Mozilla.

Dikutip KompasTekno dari The Verge, Head of Firefox Team Mozilla, Mark Schmidt, mengatakan bahwa pengguna browser Firefox masih diberi pilihan mengaktifkan Flash di browser-nya melalui menu "settings". Namun, Mozilla beranggapan bahwa teknologi itu sudah tidak diperlukan lagi saat ini.

Sebelumnya, lubang keamanan besar dalam Flash baru-baru ini terungkap setelah perusahaan spyware, Hacking Team, mengumumkan bahwa data cache file sebesar 400 GB miliknya telah dibobol.

Peretas memanfaatkan kelemahan dalam Flash yang sudah ada selama ini dan belum disadari oleh banyak orang.

Walau Adobe telah buru-buru menambal lubang keamanan tersebut dengan merilis update, Hacking Team menyebutnya sebagai bug terbesar Flash sepanjang empat tahun belakangan ini.

Selain itu, teknologi Flash juga sudah mulai ditinggalkan oleh perusahaan besar, seperti Facebook dan YouTube.

Game-game di Facebook yang menggunakan Flash juga semakin jarang diminati, sementara YouTube pada Januari lalu mengumumkan bahwa mereka beralih ke teknologi HTML5 dalam menyediakan layanan video streaming.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.