Kompas.com - 15/07/2015, 10:32 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Sistem operasi Windows 10 sudah dijadwalkan untuk diluncurkan pada tanggal 29 Juli 2015 mendatang. Dua minggu sebelum tanggal tersebut, gambar dari kotak penjualan DVD dari OS terbaru Microsoft tersebut sudah tersebar di dunia maya.

Seperti dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (14/7/2015), kotak retail dari OS itu tampak sederhana. Di tengah-tengah kotak, Microsoft memperlihatkan tampilan dari OS Windows 10, lengkap dengan wallpaper cahaya khas Windows 10.

Kemungkinan besar, Microsoft ingin memberikan sedikit gambaran mengenai Windows 10 sebelum memutuskan untuk membeli OS terbaru tersebut.

Windows 10 bakal hadir dalam dua versi, yakni Home dan Pro. Dalam kotak penjualan DVD tersebut, Microsoft memberikan sedikit pembeda dari segi warna. Apabila Windows 10 Home diberi warna dasar biru, Windows 10 Pro hadir dalam warna dasar ungu.

Winfuture Kotak Windows 10 versi flash disk USB
Uniknya, Microsoft juga dikatakan akan menjual file instalasi Windows 10 dalam bentuk flash disk USB. Kotak penjualannya sendiri bakal memiliki desain yang sedikit berbeda dari versi DVD.

Jika gambar yang disebarkan benar, kotak penjualan Windows 10 USB flash disk hanya akan memperlihatkan logo Windows. Sama seperti versi DVD, akan ada perbedaan warna antara kedua versi, yakni biru untuk Windows 10 Home dan ungu untuk Windows 10 Pro.

Ini bisa jadi kotak penjualan terakhir yang bakal dirilis oleh Microsoft. Pasalnya, Windows 10 dikatakan sebagai OS edisi terakhir dari raksasa software itu.

Namun, istilah "Windows terakhir" itu, bukan berarti Microsoft akan membunuh produk sistem operasi yang membesarkannya. Mereka hanya mengubah cara merawat sistem operasi terbaru iu.

Di masa yang akan datang, Windows 10 kemungkinan akan mengusung konsep Windows as a service. Ide mengenai Windows as a service sendiri sudah lama mereka bahas. Kemungkinan yang bisa terjadi adalah namanya tidak berganti dan tak akan ada perubahan besar-besaran layaknya dari Windows XP ke Windows 7 dan sejenisnya. Sistem operasi itu akan tetap dirawat dengan pemutakhiran rutin.

Windows 10 versi Home akan dijual dengan harga 119 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 juta. Adapun Windows 10 Professional akan dibanderol 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,6 juta.

Windows 10 sendiri sebenarnya bakal dirilis gratis sebagai update untuk dua seri Windows versi sebelumnya, yakni Windows 7 dan Windows 8.1. Upgrade itu sendiri berlaku gratis selama satu tahun penuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.