Kompas.com - 13/08/2015, 14:51 WIB
Logo baru Lenovo. LenovoLogo baru Lenovo.
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Lenovo bakal memecat karyawan dalam jumlah yang cukup besar. Pada paruh kedua tahun 2015 ini, perusahaan PC dan smartphone ini berencana untuk memberhentikan 3.200 karyawan.

Jumlah tersebut setara dengan 10 persen karyawan dari divisi non-manufaktur atau sekitar 5 persen dari keseluruhan perusahaan Lenovo.

Dirumahkannya ribuan karyawan ini merupakan jawaban atas "merahnya" laporan keuangan kuartal kedua tahun 2015 ini. Sebagaimana KompasTekno rangkum dari PC World, Kamis (13/8/2015), pendapatan tahunan Lenovo memang meningkat sebesar 3 persen, mencapai 10,7 miliar dollar AS.

Namun, jumlah keuntungan tahunannya memperlihatkan penurunan tajam, hingga 51 persen di angka 105 juta dollar AS.

Pemecatan ini sendiri diharapkan dapat membantu Lenovo menghemat sekitar 650 juta dollar di tengah kedua tahun ini atau sekitar 1,35 miliar dollar AS secara tahunan.

PHK karyawan ini dikatakan akan segera dijalankan dan hanya untuk karyawan non-manufaktur saja.

Motorola bakal berperan lebih besar

Pada 31 Oktober 2014 lalu, Lenovo resmi mengakuisisi vendor smartphone Motorola dari Google. Nilai transaksinya cukup besar, yakni mencapai 2,91 miliar dollar AS.

Akan tetapi, hingga saat ini, kontribusi Motorola memang belum terlalu terasa. Bahkan, Motorola dikatakan masih mengalami kerugian, yang berakibat jumlah pendapatan Lenovo ikut terpangkas.

Pada paruh kedua tahun 2015, Lenovo mengungkapkan bakal merestrukturisasi divisi Mobile-nya. Motorola bakal diserahkan tanggung jawab lebih besar di divisi tersebut. Harapannya, dengan nama besarnya selama ini, Motorola bisa membantu Lenovo lebih dikenal di dunia smartphone berbasis Android.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PC World

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.