Kompas.com - 20/08/2015, 10:30 WIB
|
EditorReza Wahyudi
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Di ujung pidato pembuka Intel Developer Forum 2015, Selasa (18/8/2015), CEO Intel Brian Krzanich memamerkan robot laba-laba Intel yang bisa diperintah dengan gerakan tangan.

Dengan gerakan tangan tertentu, seperti membalik telapak tangan, melembai ke atas atau ke bawah, pria yang kerap disapa BK tersebut membuat robot laba-laba bangun dari tidurnya, berdiri, mengangkat kaki, serta gerakan-gerakan lain.

Semua perintah-perintah tadi dilakukan BK tanpa memegang atau menggunakan perangkat apa pun di tangan atau lengannya. Hal tersebut bisa terwujud berkat teknologi RealSense yang dikembangkan Intel dan ditanamkan dalam sistem operasi robot.

Robot laba-laba itu juga bisa menari bersama manusia mengikuti alunan musik Bruno Mars di akhir acara.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Robot laba-laba raksasa dengan sensor RealSense di kepala. Sensor tersebut mendeteksi gerakan manusia di depannya dan memerintah robot melakukan gerakan yang sama.
"Teknologi ini (RealSense) bisa mengubah robot yang selama ini terlihat biasa-biasa saja," ujar Doug Davis, General Manager of Internet of Things (IoT) Solutions Group Intel di Moscone Center, Rabu (19/8/2015).

"SDK (software development kit) dan toolkit RealSense ini bisa mempercepat inovasi di dunia robot," imbuh Davis.

Selain robot laba-laba tadi, Intel juga memamerkan robot serupa yang bisa meniru gerakan tangan yang dikembangkan oleh Intern.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Lengan robot yang bisa mengikuti gerakan tangan diciptakan oleh developer Intern.
Menurut perwakilan Intern, untuk mengajari robot bergerak sesuai keinginan dengan menggunakan RealSense sangat mudah.

"Kita tinggal mengintegrasikan RealSense ke robot yang akan mencatat koordinat gerakan tangan, robot akan menirunya," ujar salah satu perwakilan Intern.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.