"Profile Picture" Facebook Bisa Terganti Otomatis

Kompas.com - 13/09/2015, 17:18 WIB
Logo baru Facebook The Next WebLogo baru Facebook
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Facebook menguji fitur baru pada penyematan foto profil (profil picture). Dilansir KompasTekno, Sabtu (12/9/2015) dari TheVerge, pengguna bisa memilih "foto periodik" dan "foto permanen" untuk menampilkan diri di jejaring sosial tersebut.

Hal ini menanggapi banyaknya gerakan sosial atau isu massa yang bertebaran di internet. "Pengguna kerap menggunakan foto profil untuk mendukung satu isu, menggerakkan massa dan merayakan hari spesial. Makanya fitur ini kami kembangkan," kata perwakilan Facebook.

Selama ini, jika pengguna ingin mendukung suatu gerakan secara periodik, pegguna akan mengganti foto profilnya dengan poster yang mengindikasikan dukungan untuk gerakan tersebut.

Pada akhirnya, setelah gerakan tersebut tak lagi ramai di ranah maya, pengguna harus mengganti kembali foto profilnya ke foto semula. Ini akan meruwetkan pengguna.

Pertama harus masuk ke Facebook, menyetel kembali foto profil baru secara manual dan foto itu akan kembali membanjiri linimasa teman.

Bagaimana jika pengguna terlalu sibuk untuk mengganti foto profil di Facebook? Tentu bakal tak efisien dalam waktu. Fitur ini diklaim bisa mereduksi waktu yang terbuang hanya untuk mengganti foto periodik ke foto semula.

Misalnya saat ingin mengutarakan dukungan politik terhadap kadidat kepala daerah.
Pengguna bisa meyetel poster calon kepala daerah sebagai foto profil periodik. Penyetelan waktu dimungkinkan dalam hitungan jam, hari, bahkan minggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah jangka waktu yang disetel berakhir, foto profil otomatis kembali ke foto permanen. Contoh lainnya bisa digunakan untuk merayakan hari ulang tahun teman, hari jadi pernikahan, dukungan untuk tim olahraga, dukungan terhadap isu sosial dan isu-isu lainnya.

"Foto profil periodik memudahkan pengguna untuk mengekspresikan diri sesuai momen penting yang sedang terjadi tanpa perlu khawatir untuk membalikkan foto profil ke foto semula," kata Facebook.

Fitur ini masih terus diuji dan disinyalir akan hadir untuk semua pengguna Facebook di seluruh dunia dalam beberapa bulan ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.