Kompas.com - 14/09/2015, 11:02 WIB
DJI Inspire 1 dengan kamera Zenmuse X5 CnetDJI Inspire 1 dengan kamera Zenmuse X5
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - DJI mengumumkan dua unit kamera micro four thirds yang dapat dipasangkan pada drone Inspire. Ini adalah kamera canggih pertama yang dirancang khusus untuk drone dan mampu merekam dalam resolusi 4K.

Perusahaan drone terbesar dunia itu menyebut kedua kamera itu sebagai Zenmuse X5 dan X5R. Kamera tersebut dirancang khusus untuk digunakan di udara dan sebagai tambahan, memiliki dynamic range sampai 13 stop, resolusi 16 megapiksel, merekam video 4K dalam 24fps atau 30fps, serta bisa dipakai memotret.

Hal menarik dari kamera tersebut adalah, pengguna diberi pilihan empat lensa wide dari DJI, Panasonic, dan Olympus. Dengan demikian pengguna, terutama para videografer profesional, punya pilihan yang lebih banyak ketimbang hanya menggunakan kamera bawaan drone atau GoPro.

Dilansir KompasTekno dari TechCrunch, Senin (14/9/2015), Zenmuse X5 akan lebih dulu diluncurkan dan setelahnya X5R. Keduanya memiliki ukuran sensor dan pilihan lensa yang sama.

Bedanya, X5R bakal dibekali slot tambahan untuk menyematkan SSD berkapasitas 512GB di bagian atas lempengan wadah kamera. SSD tersebut berguna untuk menyimpan hasil rekaman video 4K lossless atau tanpa kompresi dengan bitrate 1,7 Gbps.

"Untuk mencapai kualitas video seperti yang dimiliki Zenmuse X5 dan X5R ini, umumnya pilot drone harus membeli perangkat rumit serta mengeluarkan ratusan ribu dolar AS," ujar CEO sekaligus founder DJI, Frank Wang.

"Sekarang tidak perlu membuat alat-alat itu sendiri. Pilot drone cukup memasang Zenmuse X5 series ke Inspire 1 milik mereka dan terbangkan. Ini sangat menghemat waktu dan lebih mudah diatur," imbuhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi jangan berharap semua peralatan canggih itu dibanderol murah. Sebuah drone DJI Inspire 1 dengan Zenmuse X5 dan lensa DJI 15mm f/1.7 dibanderol seharga 4.499 dollar AS atau setara Rp 64 juta.

Sedangkan untuk kamera Zenmuse X5 saja, dijual terpisah dengan harga 2.199 dollar AS atau setara Rp 31 juta. Sedangkan paket drone Inspire 1 dengan Zenmuse X5R akan mulai tersedia pada kuartal empat seharga 7.999 dollar AS atau sekitar Rp 113 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber TechCrunch

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.