Jangan Colok "Flashdisk" Ini ke Laptop, Bisa Gosong

Kompas.com - 19/10/2015, 16:29 WIB
Ilustrasi flashdisk yang bisa merusak komputer Ars TechnicaIlustrasi flashdisk yang bisa merusak komputer
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Hati-hati dengan perangkat USB flashdisk yang satu ini. Kalau biasanya sembarang colok flashdisk berakibat masuknya virus, perangkat buatan peneliti bernama Dark Purple ini justru bisa langsung merusak komputer Anda.

Flashdisk tersebut memang tidak biasa. Dark Purple menyebutnya sebagai USB 2.0 Killer dan ketika dicolok ke dalam port USB, akan langsung mengalirkan listrik negatif berkekuatan 220 volt.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari ArsTechnica, Senin (19/10/2015), arus listrik tersebut bakal langsung memanggang sejumlah komponen dalam komputer atau laptop. Dan akibatnya, langsung rusak tanpa bisa dinyalakan kembali.

Dark Purple tak merinci seberapa besar kerusakan yang bisa terjadi akibat memasang flashdisk tersebut. Namun dapat diprediksi bahwa arus listrik tersebut memanggang port USB dan merusak sirkuit yang ada di motherboard.

Perangkat hard disk serta CPU biasanya punya kesempatan lebih besar untuk selamat dari serangan listrik itu. Kendati demikian, tidak diketahui bagaimana akibatnya pada dua komponen penting tersebut.

Sebelumnya juga ada flashdisk seperti ini yang beredar, dengan kekuatan listrik lebih kecil, yaitu 100 negatif volt. Listrik tersebut dialirkan dalam bentuk loop atau berulang kali hingga akhirnya sirkuit komputer mengalami kerusakan.

USB Killer 2.0 buatan Dark Purple tampaknya bekerja dengan cara yang tidak jauh berbeda. Dalam video berikut ini terlihat bagaiaman flashdisk tersebut dengan mudah dan cepat merusak laptop Lenovo Thinkpad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.