Kompas.com - 24/10/2015, 11:11 WIB
|
EditorWicak Hidayat


KOMPAS.com
- Jejaring sosial Facebook akan meluncurkan fitur pencarian sejati di dalam aplikasinya. Sejati artinya, semua postingan yang diunggah di Facebook akan di-indeks secara langsung, layaknya pencarian Google namun kali ini hanya di dalam Facebook.

Fitur pencarian baru ini dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat 923/10/2015), akan berdasar kepada orang-orang yang dikenal pengguna di Facebook, dan apa yang mereka unggah atau katakan di Facebook.

Facebook Search yang baru akan diluncurkan pertama kali bagi wilayah-wilayah yang berbasis bahasa Inggris, dan tersedia di platform iOS, Android, dan desktop dalam beberapa minggu ke depan.

Sebelumnya, Facebook memang telah merilis pencarian Graph Search, namun pencarian ini masih terkesan setengah-setengah, Graph Search tidak mencari postingan publik yang tidak dibagi dengan pencarinya.

Fitur pencarian ini dikatakan oleh Facebook Search Team, Roussea Kazi, sebagai upaya untuk mengubah Facebook menjadi bagian dari percakapan global.

"Kami meng-indeks semua percakapan di dunia, kami tunjukkan pa yang sedang menjadi tren, peristiwa penting, dan apa yang sedang terjadi saat ini," ujarnya.

Facebook mengatakan dalam membuat indeks pencarian ini mereka akan melakukannya dengan pendekatan kuratorial, hasil pencarian akan ditampilkan berdasar urutan yang paling akurat, penting dan dianggap benar.

Postingan dari akun Facebook organisasi akan lebih sering ditaruh di deretan atas,diikuti kemudian oleh postingan dari teman, topik masalah, dan berdasar lokasi geografis.

Pencarian tersebut juga bisa dipersonalisasi, layaknya Google Search, berdasar perilaku dan minat pengguna Facebook. Namun berbeda dari Google, hasil pencarian Facebook ini diklaim akan lebih presisi.

Facebook mengatakan konten yang diunggah dan diatur sebagai konten pribadi (private), tidak akan muncul dalam pencarian. Walau demikian, belum tentu semua pengguna Facebook mengerti bagaimana cara mengaturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.