Kompas.com - 28/10/2015, 14:17 WIB
CEO Facebook Mark Zuckerberg saat berpidato di Tsinghua University, Beijing FacebookCEO Facebook Mark Zuckerberg saat berpidato di Tsinghua University, Beijing
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com — Biasanya, pengguna mesti saling berteman agar bisa bercakap-cakap melalui jejaring sosial Facebook. Kini sudah tidak perlu seperti itu. Anda cukup mengirimkan Message Request ke siapa pun dan bisa saling mengobrol tanpa harus menjadi teman.

Fitur Message Request ini memang baru diperkenalkan. Selain berfungsi menjembatani obrolan antar-dua orang yang masih asing, pengguna juga tetap memegang kendali dan bisa menolak ajakan virtual tersebut.

Sebelum adanya fitur ini, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Mashable, Rabu (28/10/2015), orang yang tak berteman memang sudah bisa mengirimkan pesan. Namun, pesan tersebut otomatis masuk ke kategori "Other", sebuah kolom terpisah di kotak surat Facebook.

Akibatnya, pesan tersebut akan mudah sekali diabaikan. Pengguna juga tidak diberikan notifikasi apa pun ketika pesan dari orang asing itu masuk.

Message Request memperbaiki cara Facebook menangani pesan semacam ini. Pesan-pesan orang asing yang sebelumnya cuma masuk kolom Other kini bisa masuk ke dalam aplikasi Messenger sebagai suatu ajakan mengobrol.

"Sekarang, satu-satunya hal yang Anda butuhkan untuk bisa mengobrol secara virtual adalah mengetahui nama mereka," kata bos Messenger di Facebook, David Marcus, melalui akun miliknya.

Dia memberikan catatan, fitur Message Request hanya akan berfungsi terhadap orang yang benar-benar belum menjadi teman di Facebook. Jika pengguna sudah menyimpan nomor teleponnya, sudah pernah mengobrol di ruang virtual tersebut, pesan mereka akan langsung masuk ke kotak surat biasa.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.