Facebook ke Karyawan, Tinggalkan iPhone Pakai Android

Kompas.com - 03/11/2015, 15:37 WIB
Facebook. AFPFacebook.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook meminta sejumlah karyawannya beralih ke perangkat Android. Tak jelas berapa jumlah karyawan yang dimaksud.

Yang pasti, sebagaimana dilaporkan AndroidAuthority dan dihimpun KompasTekno, Selasa (3/11/2015), mereka yang diminta beralih adalah mereka yang selama ini menggunakan iPhone.

Alasannya tak terkait keberpihakan bisnis Facebook ke Android. Melainkan untuk mengasah kepekaan karyawan Facebook atas kondisi para penggunanya.

"Kami ingin membangun empati di dalam perusahaan. Sehingga dalam mengembangkan produk, kami bisa terus memenuhi kebutuhan pengguna secara keseluruhan," kata Kepala Produk Facebook Chris Cox.

Menurut Cox, mayoritas karyawan Facebook saat ini cenderung memilih iPhone ketimbang produk smartphone lain. Padahal, pengguna Facebook berasal dari berbagai latar belakang.

Ada yang menggunakan produk Apple, ada pula yang menggunakan perangkat-perangkat Android dan Windows. Bahkan, hasil penelitian firma IDC menunjukkan, pengguna Android mendominasi 82,8 persen pasar smartphone global.

Cox menilai, jika fenomena iPhone terus dibiarkan di lingkungan karyawan Facebook, mereka tak bakal mengetahui bagaimana pengalaman pengguna Android menjajal aplikasi Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan begitu, mereka tak bakal benar-benar memahami apa yang dibutuhkan pengguna Facebook versi Android. 

Belakangan Facebook memang kerap mengeluarkan kebijakan untuk melatih kepekaan karyawannya atas kondisi masyarakat. Sebelum ini, Facebook juga membuat program "2G Tuesday".

Tiap Selasa, kantor Facebook hanya mengakomodir internet dengan jaringan 2G. Hal itu dimaksudkan agar para karyawan turut merasakan kondisi masyarakat di beberapa negara yang belum bisa menikmati internet cepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.