Lenovo Resmikan Pabrik Perakitan Ponsel 4G di Banten

Kompas.com - 05/11/2015, 13:14 WIB
CEO PT. TDK, Hendrik L. Karosekali (kanan) didampingi M. Budi Setiawan, Dirjen SDPPI Kemenkominfo (kiri) memukul gong tanda diresmikannya fasilitas produksi Lenovo di PT. TDK, Serang Banten pada Kamis (5/11/2015). Reska Koko/Kompas.comCEO PT. TDK, Hendrik L. Karosekali (kanan) didampingi M. Budi Setiawan, Dirjen SDPPI Kemenkominfo (kiri) memukul gong tanda diresmikannya fasilitas produksi Lenovo di PT. TDK, Serang Banten pada Kamis (5/11/2015).
|
EditorReza Wahyudi
SERANG, KOMPAS.com - Demi memenuhi syarat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk smartphone-smartphone berteknologi 4G, Lenovo menggandeng PT TriDharma Kencana (TDK) untuk membangun fasilitas perakitan smartphone 4G di Serang, Banten.

Peresmian fasilitas produksi tersebut dilakukan oleh CEO PT. TDK, Hendrik L. Karosekali dan dihadiri oleh Direktorat Jenderal SDPPI Kemenkominfo, M. Budi Setiawan dan perwakilan dari Lenovo global, pada Kamis (5/11/2015).

Dijelaskan oleh Hendrik, fasilitas jalur produksi untuk smartphone 4G Lenovo ini dibangun sejak Februari lalu dengan menempati lahan seluas 8.000 meter persegi dan bangunan seluas 1.500 meter persegi.

"Industri lokal sudah siap untuk membantu program TKDN pemerintah, Indonesia memiliki kapasitas kemampuan untuk itu (memproduksi ponsel), tinggal regulasinya saja harus jelas," tegas Hendrik dalam sambutannya.

Zhang Ning selaku Manufacturing & Operation Lenovo Group menjelaskan Indonesia adalah salah satu negara di luar China yg sudah bisa memproduksi ponsel sendiri. Dengan pasar yang besar, Indonesia menjadi pasar yang penting bagi Lenovo.

Bahkan, Lenovo mengklaim dirinya menjadi penguasa pangsa pasar smartphone 4G di Indonesia saat ini.

"Dengan pembangunan fasilitas produksi ini, Lenovo turut mendukung transfer teknologi untuk industri smartphone di Indonesia," ujar Zhang.

Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkar Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo, M Budi Setiawan mengatakan, "Dengan ada manufaktur seperti TDK dan Lenovo ini bisa membuat neraca perdagangan berimbang, investasi tidak keluar ke negara asing."

Budi juga berharap semakin banyak vendor-vendor ponsel global yang menggandeng pabrik perakitan lokal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X