Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google dan Skype Sediakan Telepon Gratis ke Paris

Kompas.com - 16/11/2015, 10:07 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Solidaritas kemanusiaan global mencuat pasca terjadinya penyerangan teroris di Paris, Jumat pekan ini. Perusahaan teknologi pun turut berperan dalam memudahkan akses komunikasi masyarakat dunia ke keluarga atau kerabat di Paris.

Di antaranya Google dan Skype. Dilansir KompasTekno, Senin (12/15/2015) dari AndroidAuthority, Google menginisiasi layanan telepon gratis dari seluruh dunia ke Paris.

Melalui Google Hangouts, pengguna di belahan dunia yang memiliki koneksi internet dan menyediakan layanan Hangouts, bisa menanyakan kabar sanak saudaranya di Paris.

Kemampuan ini tersedia untuk pengguna perangkat Android maupun iOS. Pengguna cukup menekan nomor telepon kerabat di Paris dan panggil lewat aplikasi Hangouts.

Yang dibutuhkan hanya paket data atau koneksi Wi-Fi yang tentu jauh lebih murah ketimbang tarif biaya telepon internasional. Sementara sanak keluarga yang dihubungi tak perlu memiliki koneksi internet.

Google tak merinci secara detil bagaimana mekanisme kerja fitur "telepon gratis" via Hangouts.  Jika kurang nyaman menggunakan Hangouts, Skype pun menawarkan hal serupa. 

Layanan panggilan video tersebut menggratiskan panggilan domestik dan internasional ke Paris. Baik via perangkat mobile maupun PC. 

Layanan gratis tersebut berlaku hingga beberapa hari ke depan selama insiden masih dalam tahap evakuasi. Jadi, silakan dimanfaatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com