Kompas.com - 15/12/2015, 10:41 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorOik Yusuf

Raksasa internet China, Baidu, telah bergabung dalam perlombaan membikin mobil tanpa sopir yang bisa menyetir sendiri. Kendaraan  pintar ini ditargetkan sudah mengaspal dalam waktu tiga tahun ke depan.

Dirangkum KompasTekno dari The Wall Street Journal, wakil presiden senior Baidu Wang Jing mengatakan bahwa pihaknya telah mengujicoba dua purwarupa mobil tanpa sopir di jalanan ibu kota Beijing.

Wang menyebutkan pihaknya berencana memproduksi mobil-mobil tanpa sopir untuk melayanani rute-rute dalam kota layaknya taksi.

"Kami akan bekerjasama dengan pemerintah untuk menggelar layanan kendaraan publik, seperti shuttle service," ujar Wang.

Baidu menambah panjang daftar perusahaan teknologi yang terjun di bidang otomotif dengan membuat kendaraan "pintar".

Google telah lebih dulu terjun membikin mobil tanpa sopir, disusul Samsung. Apple pun dikabarkan tengah mengembangkan hal serupa dengan diam-diam.

Saat ini Baidu tengah berdiskusi dengan sejumlah produsen otomotif, baik pabrikan lokal China maupun internasional, tapi Wang menolak mengungkapkan siapa saja yang diajak berunding.

Mobil buatan Baidu dibangun dari sedan BMW seri 3 Gran Turismo yang dimodifikasi dengan peralatan khusus seperti terlihat dalam foto di atas.  

Perlengkapan yang ditanam di sang mobil pintar termasuk radar laser (Lidar), aneka sensor dan kamera, serta software berbasis layanan pemetaan Baidu dan teknolgi "deep learning".

Kedua purwarupa sukses diujicoba di jalan tol. Selain berjalan tanpa menabrak, mobil-mobil pintar ini bisa berpindah jalur dan menyalip mobil lain.

Selanjutnya, Baidu berencana menguji mobil tanpa sopir di beragam situasi lain seperti jalanan sempit, serta dalam keadaan hujan atau bersalju.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.