Microsoft Kritik Internet Gratis Facebook

Kompas.com - 30/12/2015, 16:26 WIB
Laman pengajuan layanan Internet.org di Facebook FacebookLaman pengajuan layanan Internet.org di Facebook
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Bos Microsoft India Bashkar Pramanik mengkritik layanan internet gratis yang diberikan Facebook. Menurutnya, raksasa media sosial itu tak semestinya menyejajarkan layanan mereka dengan net neutrality.

"Saya pikir tindakan Facebook tidak berkaitan dengan net neutrality. Mereka cuma membantu first time user untuk mengenal internet dan mesti menyebutnya seperti itu," terangnya.

Net neutrality sendiri berarti prinsip yang meminta penyedia akses internet dan pemerintah untuk memperlakuan semua data setara dan tanpa diskriminasi.

Penyedia layanan internet serta pemeintah, menurut konsep ini, mesti memberikan tarif seragam, bukan berdasarkan konten, pengguna atau aplikasi yang digunakan.

Layanan internet gratis Facebook di India bernama Free Basics. Ini adalah bagian dari Internet.org.

Perusahaan asal Amerika Serikat itu bekerja sama dengan operator lokal untuk memberikan akses internet dengan harga sangat murah.

Namun, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Business Insider, Rabu (30/12/2015), sebagian pihak khawatir Facebook terlalu kuat dalam mengendalikan Free Basics serta layanannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akibatnya regulator telekomunikasi India memerintahkan operator untuk memblokir akses ke Internet.org. Sementara itu mereka kini tengah membahas persoalan batas harga yang boleh dibebankan ke pungguna.

"Jika pengguna mesti membayar lebih karena memiliki sepaket aplikasi pilihan sendiri, lalu diarahkan ke paket tertentu karena operator mengatakan akan memberikan gratis, di bagian manakah net neutrality itu?" tanya Pramanik.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.