Kompas.com - 23/03/2016, 19:48 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto


KOMPAS.com - Dengan hanya lima persen penduduknya yang saat ini terhubung dengan internet, Kuba adalah salah satu negara dengan penetrasi internet terendah di dunia.

Namun, hal itu bakal segera berubah dengan kedatangan Google untuk menyebarkan fasilitas internet, seperti diungkapkan oleh Presiden AS Barack Obama dalam kunjungannya ke negeri sosialis tersebut.

“Salah satu hal yang kami umumkan di sini adalah kemitraan Google untuk membangun lebih banyak lagi akses Wi-Fi dan broadband,” ujar Obama dalam sebuah wawancara, seperti dirangkum KompasTekno dari Fortune, Selasa (22/3/2016).

Google membuka pusat teknologi di sebuah studio milik salah satu seniman terkenal di Kuba, Kcho. Di sana, raksasa internet tersebut menyediakan akses internet gratis dengan kecepatan hingga 70 Mbps.

Angka tersebut 70x lebih kencang dibandingkan dengan fasilitas Wi-Fi publik di Kuba yang paling banter mencapai transfer 1 Mbps. Itu pun ketersediaannya terbatas dan dikenakan biaya pakai 2 dollar AS untuk satu jam.

Pusat teknologi Google di Kuba turut dilengkapi dengan lusinan laptop, ponsel, dan kacamata virtual reality. Sebanyak 40 orang pengunjung bisa ditampung secara bersamaan.

Koneksi internetnya sendiri diwujudkan dengan kabel serat optik yang baru digelar oleh perusahaan telekomunikasi milik pemerintah.

Kepala operasional Google untuk wilayah Kuba, Brett Perlmutter, mengatakan bahwa kerjasama Google dan Kcho merupakan bagian dari program lebih besar untuk memperluas akses internet di Kuba, namun ia menolak membeberkan rencana Google selanjutnya di sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.