YouTube Hadirkan Video "Live Streaming" 360 Derajat

Kompas.com - 19/04/2016, 09:15 WIB
Menjajal sensasi virtual reality Google Cardboard oik yusuf/ kompas.comMenjajal sensasi virtual reality Google Cardboard
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sejak 2015, YouTube memungkinkan pengguna mengakses video 360 derajat lewat platform-nya. Kini, layanan berbagi video tersebut mengambil langkah pengembangan lebih lanjut.

YouTube kini mulai mengakomodir video siaran langsung alias live streaming berformat 360 derajat.

Sebagai awal, beberapa performa artis pada rangkaian festival Coachella di Los Angeles, AS, akan disiarkan langsung di YouTube. Ini tentu kabar gembira bagi para penggemar yang tak berkesempatan hadir langsung pada festival tersebut.

"Tahun ini kami memboyong video festival yang tak pernah ada sebelumnya, yakni menyiarkan langsung performa beberapa artis dalam format seperti nyata," kata perwakilan YouTube, seperti dilansir KompasTekno, Selasa (19/4/2016) dari TrustedReviews.

Pengguna bisa menikmati konten tersebut melalui Google Cardboard atau perangkat realitas virtual (virtual reality) yang tersedia di pasaran. Misalnya Samsung Gear VR, HTC Vive, dan Oculust Rift.

Jika tak punya perangkat VR, pengguna bisa mengakses video lewat desktop atau ponsel dengan menggunakan kursor atau soft button pada layar sentuh untuk mengubah perspektif.

Ke depan, siapa saja yang memiliki kamera 360 derajat dan akses internet dengan kecepatan unggah antara 10 hingga 20 Mbps, bisa menyiarkan langsung video mereka via YouTube.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, YouTube juga menambahkan fitur "spatial audio" untuk format video 360 derajat. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mendengarkan audio berdasarkan perspektif visual yang disaksikan.

Namun, kemampuan ini hanya diperuntukkan bagi video-video YouTube on-demand atau berbayar. "Spatial audio memungkinkan pengguna mendengar seperti di kehidupan nyata," kata Chief Product Officer YouTube Neal Mohan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.