Jokowi: Dunia Sudah Melirik Ekonomi Digital Indonesia

Kompas.com - 28/04/2016, 13:55 WIB
|
EditorDeliusno

TANGERANG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendengar kabar raksasa e-commerce China, Alibaba, masuk ke Indonesia. Menurutnya, itu pertanda bahwa dunia sudah melirik Indonesia. Masyarakat dan pemerintah pun diminta untuk bersiap.

Alibaba memang baru saja masuk ke Indonesia dengan cara membeli saham mayoritas perusahaan e-commerce Lazada Indonesia. Total investasi Alibaba ditaksir mencapai nilai 1 miliar dollar AS atau setara Rp 13,2 triliun.

Baca: Raksasa "E-commerce" China Alibaba Akuisisi Lazada

"Saya dengar Alibaba sudah masuk dan ini menjadi peringatan bagi kita semua bahwa dari luar sudah melihat potensi kita ini besar. Potensi digital ekonomi kita besar sekali," ujarnya saat membuka acara Indonesia E-commerce Summit & Expo (IESE) di Indonesia Convention Exhibition, di Tangerang, Rabu (27/4/2016).

"Mereka (perusahaan asing) datang dan gabung tidak apa-apa, tetapi semua sektor usaha digital sebaiknya sudah bisa diisi perusahaan dalam negeri," imbuhnya.

Minta startup diperhatikan

Menurut Jokowi, persaingan ke depan akan semakin berat. Indonesia mesti bisa melahirkan berbagai startup atau usaha rintisan digital agar bisa mengimbangi tantangan ke depan.

Terkait hal tersebut, Presiden secara khusus meminta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk memerhatikan pengembangan startup di Tanah Air.

“Saya titip ke Pak Menteri soal startup ini dipikirkan betul-betul. Anggaran disiapkan betul. Saya dengar, Pemerintah Thailand mengalokasikan Rp 7 triliun untuk pengembangan startup,” ujar Jokowi.

“Negara lain sudah memulai itu. Jika kita tidak bisa mengejar dan melebihi mereka, saya pastikan akan ketinggalan. Dunia persaingan dan kompetisi ekonomi memang kejam, tapi itu tantangan yang mesti dihadapi,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.