Kompas.com - 28/04/2016, 16:02 WIB
Smartphone Galaxy S7 beserta kotak kemasan Oik Yusuf/ KOMPAS.comSmartphone Galaxy S7 beserta kotak kemasan
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung telah mengumumkan kinerja bisnis perusahaannya di kuartal pertama 2016. Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa penjualan ponsel Android Galaxy S7 menyumbang pendapatan terbesar bagi perusahaan.

Di kuartal pertama 2016, Samsung mengklaim pendapatan Samsung naik sebesar 6,68 triliun won (sekitar Rp 77,639 triliun) menjadi 49,78 triliun won (setara Rp 578,845 triliun). Sebelumnya, Samsung mendapatkan pendapatan sebesar 43,1 triliun won (sekitar Rp 500,774 triliun) di kuartal yang sama tahun lalu.

Dari persentasenya, pendapatan unit bisnis mobile Samsung naik sebesar 12 persen dan secara keseluruhan, pendapatan perusahaan naik sebesar 6 persen.

Menurut Samsung, kenaikan tersebut didorong oleh peluncuran ponsel yang lebih awal dan penjualan yang sukses dari dua perangkat ponselnya, Galaxy S7 dan S7 Edge.

Sementara laba operasi divisi mobile Samsung diklaim naik sebesar 42 persen.

Namun, pernyataan Samsung tersebut masih bisa dipertanyakan. Seperti diketahui, Galaxy S7 memang diluncurkan lebih cepat dari jadwal biasanya, yaitu April 2015 seperti peluncuran Galaxy S6.

Galaxy S6 sendiri belum meluncur sebelum bulan April 2015, sementara penerusnya Galaxy S7 sudah diluncurkan pada Februari 2016 lalu. Dengan demikian, perbandingan year-on-year antara Galaxy S7 dan Galaxy S7 berbeda satu kuartal.

Pertanyaannya kini adalah apakah Apple mampu mempertahankan laju pertumbuhannya atau tidak.

Pesaing Samsung, Apple baru saja mengumumkan laporan perusahaannya dimana terungkap bahwa penjualan iPhone menurun dan membuat laba perusahaan turun untuk pertama kali sejak 2003 lalu.

Baca: iPhone Terseok, Pendapatan Apple Turun

Samsung sendiri juga mengatakan sedang mengantisipasi permintaan yang kian melemah di pasaran dalam kurun satu tahun mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.