Video YouTube "Dicuri", Kreator Bisa Tetap Dapat Uang

Kompas.com - 29/04/2016, 14:17 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Sengketa hak cipta konten di YouTube sudah jadi makanan sehari-hari. YouTube akhirnya mengambil langkah progresif untuk menumpas masalah tersebut.

Tujuannya agar pengunggah video YouTube alias YouTubers yang orisinal mendapatkan pendapatan sesuai banyaknya iklan dan penonton yang menikmati videonya.

Jika ada orang jahil yang memperdebatkan video tersebut sebagai miliknya, sistem YouTube akan menginvestigasi kebenarannya secara serius.

"Selama ini, video yang hak ciptanya bermasalah tak bisa mengumpulkan pendapatan. Hal ini tentu merugikan kreator aslinya," kata perwakilan YouTube, sebagaimana dilaporkan Eurogamer dan dihimpun KompasTekno, Jumat (29/4/2016).

Ke depan, video sengketa akan tetap meraup pendapatan. Hanya, selama YouTube menginvestigasi kebenaran hak cipta karya, pemasukan video bakal dibekukan.

Setelah proses investigasi selesai dan kreator asli diketahui, barulah pendapatan yang terkumpul dicairkan dan diberikan kepada yang berhak.

"Kami percaya pada keadilan dan yakin, sistem baru ini akan menciptakan perubahan nyata," demikian dituturkan oleh perwakilan YouTube.

Eurogamer Sistem baru YouTube agar kreator asli memperoleh haknya
Selain itu, YouTube juga akan kaji Content ID secara berkala. Content ID adalah sertifikasi yang diajukan YouTubers agar video yang diunggah oleh akunnya diakui keasliannya.

Jika sebuah Content ID terbukti beberapa kali mengklaim karya orang lain sebagai karyanya, YouTube sudah menyiapkan sanksi khusus.

"Kami punya tim solid yang memonitor Content ID," ujar perwakilan dari layanan yang berada di bawah naungan Google tersebut.

Sistem ini akan hadir dalam waktu dekat. YouTube masih enggan mengumbar tanggal tepatnya. "Beberapa bulan ke depan." Hanya itu yang dikatakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Eurogamer

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.