Kompas.com - 10/05/2016, 14:22 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan gadget LG Electronics tengah bersiap meluncurkan ponsel andalan barunya di Indonesia. Produk bernama LG G5 SE itu rencananya sudah mulai bisa dipesan pada akhir bulan ini, sementara penjualan ritel offline akan dimulai pada Juni mendatang.

"Harganya kami tetapkan di 8 juta rupiah, sudah termasuk modul kamera," ujar Head of Mobile Communication Division LG Electronics Indonesia, Hee Gyun Jang, dalam acara hands-on LG G5 SE di Jakarta, Selasa (10/5/2016).

Mengemban embel-embel "SE", smartphone ini memiliki "jeroan" yang sedikit berbeda dibandingkan model flagship LG G5. Tepatnya, menurut Jang, LG G5 SE memiliki kapasitas RAM yang lebih kecil (3 GB) dan prosesor papan tengah Snapdragon 652.

Menurut Jang, pihaknya sengaja menyesuaikan spesifikasi LG G5 SE agar lebih cocok untuk pasaran Indonesia. Banderolnya juga lebih bersaing dibandingkan LG G5 yang selisih harganya Rp 1 juta lebih mahal.

"RAM 3 GB sudah cukup sebenarnya. Soal konektivitas, jaringan seluler 4G LTE di Indonesia juga baru bisa mendukung carrier agregation 2 band, jadi chip Snapdragon 652 di LG G5 SE sudah mencukupi," imbuh Jang.

Selain Indonesia, ada dua negara berkembang lain yang juga kebagian LG G5 SE "edisi khusus" ini, yaitu India dan Brazil.

Di luar dua komponen RAM dan prosesor, spesifikasi LG G5 SE sama dengan LG G5, mencakup layar 5,3 inci (2.560 x 1.440), kamera 16 megapiksel dengan dua lensa normal dan wide, kamera depan 8 megapiksel, baterai 2.800 mAh, media internal 32 GB, serta OS Android 6.0 Marshmallow.

Modul hardware

Yang terpenting, LG G5 SE turut mendukung modul hardware yang bisa ditukar-tukar di bagian bawah perangkat. Modul ini dapat menambah fungsi perangkat dan juga kompatibel dengan milik LG G5.

Modul yang tersedia baru dua jenis, yakni modul kamera untuk menambah area handgrip dan kapasitas baterai serta modul audio untuk meningkatkan kualitas keluaran suara.

Konsumen nantinya bisa membeli modul kamera secara terpisah dengan harga Rp 1 juta dan modul audio seharga Rp 2,2 juta.

Ke depan, diharapkan ragam modul yang tersedia akan bertambah banyak karena LG turut membuka skema hardware modul tambahan ini untuk pabrikan pihak ketiga.

LG tak menutup kemungkinan G5 "reguler" bakal ikut dipasarkan di Indonesia setelah G5 SE. Namun, untuk sekarang, Jang mengatakan pihaknya akan berkonsentrasi menjual G5 SE. "Kalau saat ini, dua flagship terlalu banyak", pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.