Ini Tanda Microsoft Bakal Pensiunkan Lumia

Kompas.com - 25/05/2016, 14:16 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Microsoft menunjukkan tanda-tanda bakal pensiunkan Lumia. Hal tersebut terendus dari laporan keuangan yang dirilis raksasa software tersebut beberapa waktu lalu.

"Microsoft akan terus mengembangkan Windows 10 Mobile dan mendukung ponsel Lumia seperti Lumia 650, Lumia 950, dan Lumia 950 XL, dan ponsel dari rekanan OEM seperti Acer, Alcatel, HP, Trinity, dan Vaio," tulis Microsoft.

Dari pernyataan tersebut, terlihat bahwa Microsoft memang akan terus mengembangkan OS Windows 10 Mobile dan mendukung ponsel Lumia, serta yang dibikin oleh pihak ketiga.

Namun, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Senin (23/5/2016), tidak dikatakan bahwa Microsoft sedang mengembangkan Lumia baru.

Hal tersebutlah yang mengindikasikan bahwa Microsoft memang tidak akan melahirkan Lumia baru lagi.

Juru bicara Microsoft sendiri menolak berkomentar terhadap kemungkinan tersebut.

"Kami tidak memiliki suatu hal yang spesifik untuk dibagikan mengenai roadmap produk masa depan," tutur juru bicara tersebut.

Kabar mengenai berakhirnya lini produk Lumia sendiri sebenarnya sudah berkembang sejak awal tahun 2016 ini. Perusahaan yang terkenal dengan produk OS Windows-nya ini dikatakan bakal beralih menggunakan brand baru, yakni Surface Phone.

Baca: Surface Phone Bakal Diperkuat Snapdragon 830?

Seri smartphone Lumia dari Microsoft tak kunjung berhasil meraih sukses di pasaran. Malahan, data kuartal ketiga tahun fiskal 2016 yang dirilis Microsoft menunjukkan penjualan ponsel berbasis Windows Phone tersebut kembali menurun.

Penjualan smartphone Lumia di kuartal terakhir itu tercatat sebesar 2,3 juta unit, turun dari angka 4,5 juta unit di kuartal sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.