Universitas Minta Penjualan iPhone 5 Disetop

Kompas.com - 31/05/2016, 12:57 WIB
iPhone 5 AppleiPhone 5
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - California Technology University (Caltech) menggugat Apple gara-gara paten chip WiFi yang dipakai di produknya. Gugatan tersebut menuding sang raksasa teknologi telah melanggar sedikitnya empat paten milik universitas.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari The Verge, Caltech menuntut agar Apple menghentikan penjualan berbagai produk yang dituding melanggar.

Dalam gugatan yang diajukan pada Kamis (26/5/2016), universitas tersebut berargumen bahwa Apple sengaja melakukan pelanggaran. Bahkan, mereka memakai segala manfaat yang diperoleh dari aplikasi paten itu sebagai materi iklan.

Gugatan juga menyebutkan bahwa pelanggaran paten ini ditemukan pada setiap produk utama Apple, mulai dari iPhone 5 hingga yang terbaru.

Lebih detilnya, pelanggaran paten tersebut berkaitan dengan standar WiFi 802.11n dan 802.11ac yang diperoleh sekitar tahun 2006 dan 2012. Paten teknologi yang dipakai berguna untuk meningkatkan kecepatan transfer data serta menyederhanakan kebutuhan hardware pada WiFi.

Selain Apple, gugatan Caltech juga mengincar Broadcom. Seperti diketahui, perusahaan tersebut merupakan salah satu pemasok chip WiFi untuk iPhone, MacBook, dan berbagai perangkat lain buatan Apple.

Sekadar informasi, gugatan paten biasanya dilakukan sebagai cara untuk mendapatkan uang dari targetnya. Namun jarang sekali sebuah universitas atau institusi pendidikan mengajukan gugatan dengan alasan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, Apple juga pernah berurusan dengan institusi pendidikan. Tepatnya, mereka digugat oleh Wisconsin-Madison University karena melanggar paten terkait kinerja prosesor dan harus membayar denda sebesar 234 juta dollar AS atau setara Rp 3,18 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.