Kompas.com - 10/06/2016, 11:52 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Twitter menyebar notifikasi penting ke jutaan penggunanya. Isinya adalah imbauan agar pengguna segera mengganti password.

Ada kemungkinan, jutaan username dan password akun Twitter telah dibobol dan dijual.

Tak diumbar secara detail berapa juta pengguna yang telah menerima notifikasi itu. Klaim terakhir menyebutkan ada 32 juta akun Twitter yang telah dibobol.

Meski begitu, Trust and Information Security Officer Twitter Michael Coates membantah jika sistem keamanan layanannya dikatakan memiliki celah. Pasalnya, jutaan akun tak dicuri dari komputer Twitter.

"Tak ada indikasi sistem kami telah dilanggar," kata dia, sebagaimana dilaporkan WSJ dan dihimpun KompasTekno, Jumat (10/6/2016).

Pernyataan itu didukung analis keamanan LeakedSource. "Ada bukti kuat bahwa Twitter tak diretas, melainkan penggunalah yang diretas," begitu pernyataan resminya.

Baca: 32 Juta Akun Twitter Dibobol dan Dijual

Dalang peretasan ini adalah anonim asal Rusia yang menjuluki diri sebagai Tessa88. Ia juga bertanggung jawab atas peretasan jutaan akun MySpace, LinkedIn, dan Tumblr baru-baru ini.

Menurut LeakedSource, Tessa88 melancarkan aksinya dengan mengirimkan malware ke perangkat pengguna. Selanjutnya, peramban dari perangkat itu yang mengirim kembali semua username dan password pengguna dari berbagai situs.

Twitter adalah salah satu situs yang bisa diakses penggunanya lewat peramban. Situs-situs lainnya adalah LinkedIn, Tumblr, dan MySpace. Sejauh ini, di database Tessa88 menghimpun sekitar 1,8 juta akun lintas layanan.

Terkhusus pada Twitter, jutaan akun yang dipegang Tessa88 dijual senilai 10 bitcoin. Jika diuangkan, nominalnya setara Rp 77,6 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.