Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet "105 Mbps" 4G XL Sambangi Semarang

Kompas.com - 25/06/2016, 11:26 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Semarang kini mulau kebagian akses internet 4G dari XL Axiata. Operator yang identik dengan warna biru itu mendukung akses tersebut dengan 146 base transceiver station (BTS) yang tersebar di berbagai wilayah.

Chief Service Management XL Yessie D. Yosetya mengatakan, jangkauan sinyal 4G mereka tak hanya di wilayah kota Semarang saja. Kota Salatiga, yang letaknya masih cenderung dekat, juga kebagian sinyal internet cepat itu.

Lebih detilnya, wilayah Semarang yang terselimuti 4G dari XL antara lain Genuk, Pedurungan, Gayamsari, Semarang Timur, Semarang Tengah, Semarang Utara, Semarang Selatan, Semarang Barat, Gajah Mungkur, Candisari, Tembalan, Banyumanik, Tugu dan Ngaliyan

XL menyediakan spektrum frekuensi seluas 10-15 MHz untuk menggelar internet cepat ini. Dengan demikian, secara teori, kecepatannya bisa mencapai maksimal 105 Mbps. Namun dalam praktiknya, kecepatan yang diterima pengguna bisa bervariasi lebih rendah atau lebih tinggi.

Menurut Yessie, internet 4G XL di Semarang siap memberikan pengalaman menonton video yang lancar. Hal ini sesuai dengan tipikal pelanggan XL di Semarang, yang menurutnya, cenderung hobi memutar aliran video online.

“35 persen pengguna kami memakai internet untuk streaming video secara online. Jadi kecepatan itu untuk memastikan streaming tidak buffer,” terang Yessie di sela acara buka bersama, Jumat (24/6/2016).

Di Semarang, XL memiliki pelanggan sejumlah 370.000 orang. Sekitar 13 persen di antara jumlah tersebut sudah menggunakan ponsel 4G, 24 persen di antaranya sudah menukarkan kartu 4G.

Selain Semarang, XL juga sudah merilis akses internet cepat ini ke wilayah lain di Jawa Tengah. Wilayah yang dimaksud antara lain Brebes, Tegal, Pekalongan, Batang.

XL menargetkan bisa memperluas jangkauan 4G mereka hingga ke 100 kota pada akhir 2016. Saat ini, sudah 59 kota atau lebih dari setengah rencana itu yang terpenuhi. Sedangkan jumlah pelanggan ditarget bisa mencapai 10 juta pada akhir tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com