Seni Berburu Pokemon di Jalur Mudik

Kompas.com - 15/07/2016, 12:27 WIB
Sebelum berburu Pokemon di gim Pokemon Go, pengguna atau disebut Pokemon Trainer, bisa memilih profile yang dianggap sesuai dengan karakternya. KOMPAS.COM/AMIR SODIKIN via Bidik Layar Pokemon GoSebelum berburu Pokemon di gim Pokemon Go, pengguna atau disebut Pokemon Trainer, bisa memilih profile yang dianggap sesuai dengan karakternya.
Penulis Amir Sodikin
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Mudik kali ini bagi sebagian orang terasa berbeda. Salah satunya dengan adanya game berbasis geolokasi yang menggabungkan realitas dunia virtual (virtual reality) dan nyata, yaitu Pokemon Go.

Walau belum dirilis resmi di Indonesia, namun sudah banyak yang mengunduh dan memasang game ini di telepon seluler.

Saya sempat mencoba game ini dalam perjalanan pulang mudik dari Solo-Jakarta. Perjalanan yang tadinya dibayangkan sangat membosankan, ternyata bisa begitu menyenangkan dan menantang gara-gara game Pokemon Go ini.

Catatan penting: jangan Anda coba game ini jika sedang menyetir mobil, game bisa dicoba jika Anda sedang menjadi penumpang di dalam mobil.

Awalnya saya ragu apakah game yang masih versi beta ini bisa dimainkan dalam perjalanan menggunakan mobil, di malam hari pula. Plus ragu karena banyak yang menekankan gim ini menggunakan kamera untuk menunjang teknologi augmented reality (AR) yang tentunya membutuhkan posisi yang diam dan stabil serta cahaya yang terang.

Ternyata, persoalan itu bisa diselesaikan dengan mematikan fungsi AR, sehingga perburuan Pokemon bisa dilakukan dengan mudah tanpa AR atau tanpa membuka kamera.

Menangkap cepat tanpa AR

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat pertama kali membuka game itu di Solo, mengejutkan bahwa ternyata sepanjang jalan dengan mudah ditemui Pokestop, Pokemon, maupun Gymnasium.

Pokestop adalah tempat pemberhentian untuk mengoleksi Pokeball, sedangkan Pokeball adalah bola yang digunakan untuk menangkap Pokemon.

Baca: Begini Cara Bermain Pokemon Go

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.