Tanpa Kipas, Laptop Acer Ini Pakai Pendingin ala Mobil

Kompas.com - 12/08/2016, 11:14 WIB
Presales Manager Product Department Acer Indonesia, Dimas Setyo, saat memberi penjelasan tentang sistem pendingin Liquid Loop di laptop Acer Switch Alpha dalam sesi hands-on di Jakarta, Kamis (11/8/2016). Oik Yusuf/ KOMPAS.comPresales Manager Product Department Acer Indonesia, Dimas Setyo, saat memberi penjelasan tentang sistem pendingin Liquid Loop di laptop Acer Switch Alpha dalam sesi hands-on di Jakarta, Kamis (11/8/2016).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat laptop berkinerja tinggi identik dengan kipas yang berputar kencang dan bersuara bising untuk meredam panas. Beda halnya dengan Switch Alpha 12 dari Acer yang menggunakan solusi pendingin fanless (tanpa kipas) khusus bernama Liquid Loop.

Meski tanpa kipas, pihak Acer mengklaim bahwa sistem pendingin ini bisa meredam suhu prosesor laptop dengan efektif sehingga perangkat yang bersangkutan tak bakal kepanasan.

“Kami sudah coba uji dengan software benchmark 3D Mark. Switch Alpha 12 bisa menjalankannya dengan stabil selama 6 jam,” tutur Presales Manager Product Department Acer Indonesia, Dimas Setyo, dalam sesi hands-on di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Perangkat komputer biasanya diuji kestabilannya dengan menjalankan software “berat” macam benchmark secara terus menerus. Apabila kepanasan, prosesor akan mengalami error sehingga sistem menjadi tidak stabil dan crash.

Akan halnya Switch Alpha 12, selain stabil, menurut Dimas, sistem pendingin Liquid Loop juga menjaga suhu perangkat di angka yang relatif rendah.

“(Saat benchmark) Temperatur permukaan laptop kami ukur berada di kisaran 47 derajat, sementara prosesor di dalamnya sekitar 60 derajat. Ini termasuk rendah,” imbuh dia.

Dimas menambahkan bahwa Liquid Loop memberikan keuntungan lain di samping jauh lebih senyap dibandingkan sistem pendingin konvensional.

Karena tak membutuhkan kipas yang menyedot dan menghembuskan udara lewat lubang ventilasi, interior Switch Alpha 12 pun bebas debu. Hal ini diklaim mempermudah perawatan dan bisa memperpanjang umur perangkat.

“Kalau laptop dengan pendingin kipas, harus dibersihkan karena penyumbatan debu bisa menghambat pelepasan panas,” ujar Dimas.

Cara kerja Liquid Loop

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X