Kompas.com - 23/08/2016, 13:45 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Komputer langka Apple-1 saat ini sedang dilelang di situs online, Charitybuzz. Berbagai penawaran harga pun datang. Saat ini, tawaran tertinggi ada di angka 510.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,7 miliar.

Mengapa komputer tersebut bisa ditawar begitu tinggi? Ternyata, selain memang sudah sangat langka, Apple-1 tersebut diduga sebagai purwarupa yang dikerjakan langsung oleh sang Steve Job sendiri.

Apple-1 merupakan komputer Apple pertama yang dirilis pada 1976. Pada masa tersebut, harganya tergolong mahal, yaitu mencapai 666,66 dollar AS atau setara Rp 8,8 juta.

Bila disesuaikan dengan nilai mata uang saat ini, harganya bisa berada di kisaran 2000-an dollar AS atau sekitar Rp 26 juta.

Komputer Apple-1 dalam lelang tersebut hanya berbentuk sebuah printed circuit boards (PCB) dengan berbagai komponen yang tersolder di dalamnya. Kemungkinan, ini merupakan unit purwarupa yang memang tidak dijual.

Unit yang dilelang itu dilengkapi dengan buku petunjuk pemakaian orisinal, sebuah kaset berisi bahasa pemrograman BASIC, dan aksesori, serta dokumentasi lainnya.

Correy Cohen, seorang pengamat produk-produk Apple, mengatakan bahwa komputer Apple-1 pada masa lalu dirakit dan disolder secara manual oleh Dan Kottke atau Steve Jobs.

Namun, Apple-1 yang dilelang itu berbeda. Menurut Cohen, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Recode, Selasa (23/8/2016), besar kemungkinan bahwa perakitnya adalah Steve Jobs sendiri.

"Kottke tidak ingat pernah merakit komputer (Apple-1) ini," ujar Cohen yang mendapatkan informasi dari salah satu orang yang bekerja di Apple pada masa-masa awal.

Salah satu ciri komputer Apple-1 yang dirakit oleh Kottke adalah kata "Good Luck" yang ditulis tangan pada setiap kaset pemrograman BASIC dalam paketnya.

Namun, Apple-1 dalam pelelangan tersebut tidak memiliki ciri ini. Karena itu, disimpulkan bahwa Apple-1 tersebut, kemungkinan, benar-benar hasil rakitan tangan Steve Jobs.

Lelang Apple-1 tersebut masih akan terbuka selama dua hari ke depan. Jadi, masih ada kemungkinan tawaran harga naik lebih tinggi dari Rp 6,7 miliar.

Sebelumnya, lelang Apple-1 lain pernah mencapai nilai 900.000 dollar AS atau sekitar Rp 11,9 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.